Setelah sukses diluncurkan sejak tahun 2009, WhatsApp menjadi salah satu layanan perpesanan paling banyak digunakan masyarakat di dunia. Baik untuk berkomunikasi hingga untuk keperluan bisnis. Dengan melihat potensi yang cukup besar pada dunia bisnis, pada akhirnya WhatsApp pun merilis platform aplikasi baru yakni WhatsApp bisnis yang lebih khusus digunakan para pebisnis. Hal ini menambah peran penting whatsapp untuk bisnis.

Tentang Whatsapp Bisnis

Aplikasi ini sengaja dirancang sebagai aplikasi yang bisa diinstal pengguna secara gratis. Sasarannya adalah digunakan untuk para pemilik bisnis kecil. Tujuan utama WhatsApp menciptakan aplikasi ini untuk memudahkan interaksi dengan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari adanya beberapa fitur di dalamnya. Dengan menggunakan fitur-fitur untuk otomatisasi, menyortir pesan dan menjawab pertanyaan konsumen dengan cepat.

Aplikasi untuk bisnis satu ini dapat dioperasikan di smartphone baik yang menggunakan sistem operasi android maupun iPhone. Lalu apa yang membedakan aplikasi ini dengan Whatsapp Messenger?

Beda Dengan Whatsapp Messenger

Perbedaan logo dan fitur

Perbedaannya dengan WhatsApp biasa terletak pada logo nya yang menggunakan huruf “B” kapital berlatar warna hijau yang khas. Beda dengan WhatsApp messenger yang berlogo telepon. WhatsApp bisnis juga memiliki beberapa fitur.

Bisa menambahkan nomor telepon lain

WhatsApp bisnis bisa menambahkan nomor telepon rumah maupun kantor sekaligus Tentunya Anda bisa menggunakannya pada satu gadget, seru bukan?. Namun, sebaiknya gunakanlah nomor yang berbeda di masing-masing aplikasi tersebut.

istockphoto.com

Membalas pesan otomatis

WhatsApp bisnis juga memiliki fitur lainnya yang cukup canggih, yakni dapat membalas pesan secara otomatis. Caranya, Anda bisa menyetel balasan otomatis dalam fitur yang ada ketika mendapatkan pertanyaan yang sama dari para pelanggan. Anda juga bisa menikmati fitur mengirim pesan otomatis untuk pelanggan baru semisalnya. Dengan begitu, Anda lebih mudah untuk mengontrol dan melihat perkembangan pelanggan.

Adanya tanda centang hijau

Aplikasi untuk bisnis ini enaknya tidak membutuhkan verifikasi seperti Whatsapp Messenger. Begitu juga dengan tanda centang nya, jika umumnya pada Twitter dan Instagram akun ter verifikasi memiliki centang berwarna biru maka untuk WhatsApp bisnis tanda centang verifikasi berwarna hijau. Jika Anda melihat tanda ini, berarti nomor tersebut resmi milik perusahaan atau bisnis.

Manfaat Whatsapp Untuk Bisnis

Memudahkan Komunikasi

Manfaat pertama adalah memudahkan komunikasi dengan pelanggan secara langsung terkait produk yang ditawarkan. Dengan fitur-fitur yang ada pada whatsapp bisnis, pebisnis bisa merasakan manfaat whatsapp untuk bisnis ini sangat menguntungkan.

Fitur menjawab pesan secara otomatis adalah manfaat utama pada whatsapp bisnis. Anda secara otomatis juga bisa meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Ingat, konsumen dalam dunia bisnis tidak hanya sekadar menginginkan produk terbaik yang mereka beli saja.

Lebih dari itu, pelanggan juga ingin mendapatkan pelayanan yang cepat, mudah, dan menjawab semua pertanyaan yang ada. Dengan beragam fitur yang ditawarkan seolah menjawab kebutuhan bagi para pebisnis online tersebut dan menjadi sebuah solusi terbaik.

istockphoto.com

Segi Promosi

Selain mempermudah komunikasi dengan pelanggan, dengan adanya whatsapp bisnis Anda bisa dengan mudah membuat promosi produk. Urusan marketing pun lebih terbantu dengan adanya fitur-fitur menarik yang tentunya hanya terdapat pada WA bisnis ini.

Adanya fitur mengirim pesan secara otomatis memang memungkinkan untuk melakukan berbagai macam promosi di platform ini dengan mudah, di samping Anda juga menggunakan media sosial lainnya untuk perihal marketing.

Laporan Statistik

Keistimewaan lainnya dari WhatsApp Business adalah disediakannya laporan statistic. Fungsinya adalah untuk melihat hal-hal apa saja yang sudah dilakukan, seperti jumlah pesan yang sudah dikirim atau dibaca penerima. Untuk memudahkan pengguna, mengirim dan menerima pesan dengan WhatsApp Business juga bisa dilakukan di desktop atau pada WhatsApp Web.

Penjelasan  di atas memperlihatkan, manfaat whatsapp untuk bisnis sangat membantu para pebisnis untuk mengembangkan usaha online dengan lebih mudah. Terutama dalam urusan pelayanan dengan pelanggan.

Selain itu, whatsapp juga tetap bisa diandalkan jika saja nomor hilang, maka pebisnis masih bisa menggunakan nomor tersebut. Cara login whatsapp nomor hilang adalah dengan menghubungi pihak Whatsapp melalui email.

Tujuan dari menggunakan email ini adalah untuk meminta kode verifikasi nomor hp yang sudah hilang. Namun, pastikan nomor tersebut masih aktif. Jika nomor yang hilang sudah terlalu lama mati, kemungkinan besar meski mengajukan email pada whatsapp akan sulit. Karena bisa saja nomor tersebut sudah diaktifkan kembali oleh orang lain.

Well, itu dia sedikit ulasan seputar whatsapp bagi para pebisnis. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *