Ketika ingin memasuki perguruan tinggi salah satu syaratnya adalah lulus UTBK TPS. Banyak yang masih mengeluhkan soal tahapan SBMPTN yang satu ini. Namun bukan berarti Anda harus berputus asa. Anda harus berusaha dengan semaksimal mungkin misalnya dengan mencoba latihan TryOuT UTBK TPS.

Cara lainnya adalah dengan mempersiapkan segala sesuatunya secara matang. Jika usaha sudah dilakukan. Belajar juga sudah maksimal. Maka Anda bisa coba tips dan trik di bawah ini agar bisa lulus UTBK TPS.

Pilih Hari Terakhir

Selama waktu untuk mengikuti tes masih ada jangan buru-buru melakukan tes jika Anda belum benar-benar dalam keadaan siap. Lebih baik coba ambil kesempatan yang terakhir. Kenapa demikian? Alasannya Anda jadi bisa lebih memiliki banyak waktu lagi mengasah kemampuan yang belum benar-benar dikuasai.

Selain itu Anda bisa mendapatkan gambaran soal yang nanti akan dikerjakan dengan menanyakan kepada teman yang lebih dulu melakukan tes. Jadi untuk apa daftar lebih awal jika peluang yang ada untuk diterima sama besarnya. Jadi meski terlihat sepele ternyata pemilihan hari ikut tes sangat penting.

pxhere.com

Besarkan Niat Anda dan Belajar dengan Sungguh-Sungguh

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa keberhasilan seseorang itu bergantung pada kesungguhan niatnya. Jika niatnya besar maka Anda akan lebih giat dalam belajar. Tentunya kesungguhan belajar Anda sangat berkaitan dengan tujuan dari Anda mengikuti tes ini.

Jika tujuan Anda adalah masuk PTN favorit maka Anda akan berusaha sekeras mungkin agar dapat masuk ke PTN yang menjadi tujuan. Apalagi Anda tahu bahwa tujuan jurusan dari PTN yang dituju banyak sekali saingannya. Maka dari itu usaha Anda juga harus di atas rata-rata orang yang mengikuti tes serupa dengan Anda.

Mengatur Jadwal Belajar

Meskipun Anda memiliki semangat yang menggebu-gebu namun tetap harus mengatur waktu belajar. Waktu belajar yang kurang teratur justru akan membawa dampak buruk bagi Anda. Setiap orang memiliki kemampuan menyerap ilmu berbeda-beda. Ada yang mampu menyerap ilmu di pagi hari, siang hari dan malam hari.

Nah, Anda harus tahu di mana waktu terbaik dalam belajar. Dengan begitu belajar Anda jadi lebih berkualitas dan efisien. Percuma bukan jika waktu belajarnya lebih banyak tapi justru tidak ada satu ilmu pun yang masuk? Maka dari itu Anda harus paham betul akan hal ini.

pxhere.com

Latihan Soal-soal

Untuk menguji sejauh mana pemahaman Anda terhadap materi yang selama ini dipelajari maka bisa dengan latihan soal-soal. Secara garis besar pola soal SBMPTN hampir sama setiap tahunnya. Anda tinggal memahami saja konsep yang digunakan untuk soal SBMPTN tersebut.

Dalam soal SBMPTN ini ada tingkatannya mulai dari yang termudah sampai yang tersulit. Ada pula yang tingkat menengah. Untuk mengerjakannya Anda disarankan untuk memilih yang termudah terlebih dahulu. Jika yang mudah sudah selesai baru mengerjakan ke level atau tingkat yang lebih sulit.

Mengerjakan Soal SBMPTN diberi waktu tertentu dan harus selesai semuanya. Usahakan juga untuk mengisi setiap soal yang tersedia. Jika Anda melihat waktunya sudah mulai habis maka jawab seadanya sisa soal yang belum sempat Anda kerjakan. Namun jika Anda selesai sebelum waktunya habis maka manfaatkan untuk mengecek kembali jawaban Anda.

pxhere.com

Belajar Melalui Video Yang Ada Di Internet

Langkah selanjutnya yang bisa coba Anda lakukan adalah dengan belajar melalui video yang ada di internet. Belajar melalui video lebih mudah dan lebih jelas dibandingkan dengan Anda belajar sendiri. Dalam memahami soal atau materi yang rumit juga bisa lebih mudah dengan bantuan video yang ada di internet tersebut.

Belajar Kelompok

Anda bisa juga dengan belajar kelompok dengan teman Anda. Belajar kelompok akan menambah semangat Anda dalam belajar. Selain itu bisa sambil berdiskusi mengerjakan soal SBMPTN. Jika ada yang belum dimengerti bisa langsung ditanyakan dengan teman belajar Anda yang lebih paham.

Demikian tips dan trik supaya Anda lulus UTBK TPS. Sekarang banyak soal TryOut UTBK TPS yang bisa Anda coba sebelum menghadapi soal yang nanti akan diujikan. Dengan terbiasa mengerjakan soal SBMPTN Anda tidak lagi panik nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *