Memulai sebuah bisnis memang bukan hak yang mudah dan banyak kendala yang harus dilalui.  Kendala tersebut biasanya juga datang dari internal atau diri sendiri misalnya masalah mental yang harus siap karena bisnis memang tidaklah mudah.  Anda juga dihadapkan dengan masalah finansial dimana bisnis membutuhkan dana, belum lagi perihan sumber daya manusia yang mampu membantu Anda untuk menjalankan bisnis dengan baik. Bisnis juga membutuhkan beberapa hal detail lain seperti listrik yang tidak sedikit, untuk memenuhi kebutuhan listrik tersebut Anda bisa membelinya di daftar agen pulsa.

Memulai sebuah bisnis bukan hanya sekedar butuh ide yang apik namun butuh perjuangan dan strategi jitu supaya bisnis dapat berjalan lancar. Bagi Anda yang masih pemula mungkin memikirkan strategi adalah hal yang membingungkan, Anda bingung harus memulai darimana.  Untuk dapat memudahkan Anda saat menyusun strategi bisnis yang tepat Anda bisa membaca ulasan berikut.

Strategi Bisnis Jitu

  1. Fokus Terhadap Satu Produk

Tidak dipungkiri bagi seorang pebisnis awal Anda memiliki berbagai macam ide,  termasuk produk yang ingin Anda jual. Alasan banyaknya produk yang ingin dijual salah satunya adalah keuntungan.  Anda mengira dengan memasarkan banyak produk Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Padahal dengan memasarkan banyak produk di awal bisnis Anda justru bisa mengacaukan bisnis tersebut. Banyaknya barang atau produk yang Anda jual bisa membuat Anda bingung dan akhirnya bisnis tidak jelas mau dibawa kemana. Yang perlu Anda ingat semua hal termasuk bisnis membutuhkan sebuah proses.

Untuk mempermudah Anda menjalankan bisnis Anda, Anda disarankan untuk fokus pada satu produk terlebih dahulu. Jika produk Anda laris dan diminati, nama brand Anda sudah banyak yang tahu dan kualitas produk yang Anda berikan merupakan kualitas baik barulah Anda bisa menambah produk baru di bisnis Anda. Fokus terhadap satu produk akan lebih memudahkan Anda untuk mengatur bisnis yang Anda jalani karena Anda tidak menambah beban pikiran bisnis Anda.  Lebih baik fokus terhadap satu produk supaya bisnis bisa lebih berjalan terarah.

isorepublic.com
  1. Riset

Untuk memudahkan bisnis Anda,  Anda bisa membuat atau memasarkan produk yang dibutuhkan konsumen.  Produk yang mengusung konsep problem solving ini dinilai lebih banyak dicari dan lebih menjanjikan. Amatilah jika perlu riset terlebih dahulu mengenai produk yang banyak diminati masyarakat saat ini.  Produk seperti apa yang paling mereka butuhkan sehingga Anda bisa berbisnis dengan baik bukan asal asalan menjajakan produk.

Riset sangatlah penting untuk mengetahui minat pasar, Anda harus tahu dan peka terhadap minat dan tren saat ini.  Jangan sampai produk yang Anda buat justru sudah tidak laku dipasaran, alhasi bisnis Anda gagal. Untuk membuat sebuah bisnis yang sukses Anda harus mengikuti minat pasar atau melakukan riset terhadap produk apa yang diminati masyarakat dalam jangka waktu lama.

  1. Tentukan Target Pasar

Salah satu strategi yang harus Anda siapkan untuk bisnis Anda adalah menentukan target pasar yang jelas.  Target pasar ini nantinya akan menentukan bagaimana strategi marketing Anda. Target pasar harus ada sedari awal Anda memikirkan produk yang ingin Anda jual. Memiliki target pasar yang jelas akan sangat membantu Anda untuk memahami konsumen.  Misalkan target pasar Anda adalah wanita umur 17-45 tahun. Anda bisa menentukan strategi pemasaran yang pas untuk rentan usia dan gender tersebut sehingga bisnis Anda menjadi lebih terarah. Jika Anda tidak memiliki target pasar yang jelas dikhawatirkan Anda akan kesulitan menemukan strategi pemasaran yang tepat.

  1. Buatlah Desain yang Bagus dan Menarik

Umumnya, kebanyakan calon konsumen saat ingin membeli sebuah produk bukan hanya dilihat dari kegunaannya saja melainkan dari desainnya juga. Buatlah desain yang menarik dan diminati oleh target pasar Anda.  Seperti warna maupun bentuk desainnya itu sendiri. Desain akan sangat berpengaruh bagi para konsumen untuk memutuskan membeli produk Anda atau tidak. Sebagai contoh jika Anda membeli pakaian apakah Anda hanya sekedar membeli pakaian dengan fungsi yang menghangatkan tubuh?  Tentu tidak bukan? Anda akan mempertimbangkan hal lain yakni desain. Oleh sebab itu desain sangatlah penting dalam sebuah produk, bahkan kemasan makanan pun kini di desain sebagus dan semenarik mungkin.

  1. Menguasai Konsep Bisnis

Sebagai orang yang menjalankan sebuah bisnis Anda dituntut untuk mengerti betul konsep dari bisnis Anda. Apa yang Anda butuhkan,  strategi pemasaran apa yang tepat untuk bisnis Anda, siapa pesaing Anda. Anda harus mengerti semua itu dari awal supaya Anda dapat menjalankan bisnis Anda dengan benar.

isorepublic.com

Pentingnya Tim Dalam Bisnis 

Dalam sebuah bisnis Anda tentu tidak bisa menjalankan segala hal seorang diri,  apalagi jika bisnis Anda semakin berkembang. Anda membutuhkan tim yang solid dan sejalan dengan tujuan bisnis Anda.  Kerja sama tim ini sangatlah penting dalam sebuah bisnis. Tim diibaratkan sebagai sebuah organ tubuh yang saling terhubung dan tidak dapat berjalan sendiri-sendiri.  Carilah orang-orang yang mau bekerja keras dan dapat bekerja secara tim dan mengerti betul visi serta misi dari perusahaan yang Anda bangun.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *