Malang merupakan kota yang terkenal dengan cuacanya yang cukup dingin dan seringkali menjadi tujuan wisata bagi para peloncong. Salah satu transportasi yang sering digunakan oleh para pengunjung dari luar kota adalah kereta. Pertimbangan memilih transportasi ini adalah lokasi stasiun yang terletak di pusat kota. Bagi anda yang sedang merencanakan liburan ke Malang, berikut ini daftar kereta api dengan tujuan stasiun Malang. Yang bisa anda pilih.

Daftar Kereta Api dengan Tujuan Stasiun Kota Malang

  1. Kereta Api Matarmaja

Kereta api ini merupakan salah satu jenis kereta api ekonomi yang bisa anda pilih ketika sedang memngunjungi kota Malang. Kereta api yang menghubungkan antara kota Malang dan kota Jakarta ini bisa anda gunakan. Untuk rute perjalanan dimulai dari stasiun pasar senin hingga stasiun di Malang. Untuk waktu perjalanan tempuh dari jakarta ke Malang membutuhkan sekitar 15 jam 50 menit.

Ada banyak stasiun yang disinggahi oleh kareta api ini, sehingga anda bisa menaikinya baik dari Cirebon, Tegal, Solo, Madiun dan masih banyak lagi. Untuk kisaran harga tiket kereta api ini juga sangat terjangkau yaitu berkisar Rp 109 ribu setiap penumpang jika naik mulai dari stasiun pasar senin, Jakarta menuju stasiun Malang.

  1. Jaya Baya

Kereta api selanjutnya adalah kereta api Jaya Baya yang merupakan kereta api yang menghubungkan stasiun pasar senin dengan stasiun di kota Malang. Kereta api ini bisa anda gunakan bagi yang berasal dari Surabaya dan sedang berniat mengunjungi kota Malang, karena jalur kereta api ini melewati stasiun Gubeng, Surabaya.

Kereta api ini merupakan kereta api kelas bisnis dengan tarif penumpang dari pasar senin sekitar Rp 200 ribu. Untuk jadwal keberangkatan dari stasiun pasar senin biasanya jam 13.00 WIB. Adapun beberapa kota yang mejadi tempat singgahkereta ini antara lain Karawang, Tegal, Pemalang, Semarang, Bojonegoro hingga Sidoarjo dan pada akhirnya akan sampai di stasiun Malang. Untuk mendapatkan perjalanan wisata yang nyaman ke bromo anda bisa open trip bromo.

  1. Malioboro Ekspres

Bagi anda yang berada di kota Yogjakarta, maka akan lebih tepat jika menggunakan kereta api Malioboro Express. Kereta ini juga bisa digunakan bagi anda yang berada di Madiun dan Klaten, karena kereta api ini melewati beberapa stasiun seperti Kepanjen, Wlingi Blitar, Tulungagung, Kediri, Kertosono, Madiun, Ganjuk. Solobalapan hingga Klaten. Untuk jadwal keberangkatan dari kota Yogjakarta biasanya pukul 21.00 WIB.

pexels.com
  1. Bima

Kereta apii selanjutnya adalah kereta api Bima dengan kelas eksekutif. Adapun jurusan dari kereta api ini adalah Jakarta-Malang dengan keberangkatan dari stasiun Jakarta Gambir. Untuk perjalanan menaiki kereta ini dibutuhkan wkatu sekitar 15,5 jam. Beberapa stasiun yang dilewati antara lain stasiun Cirebon, stasiunPurwokerto, Stasiun Lkaranganyar, Stasiun Yogjakarta Stasiun Solo Balapan, Stsiaun Madiun, Stasiun Jombang hingga stasiun Malang.

Untuk tarif naik kereta api ini cukup mahal yaitu sekitar Rp 435 ribu hingga Rp 500 ribu. Tentunya harga ini sesuai dengan fasilitas yang diberikan antara lain selimut, bantal, meja lipat hingga bagasi. Selain itu tempat duduknya yang cukup menarik karena bisa diputar dan menyesuaikan denga posisi ketika sedang bersandar.

  1. Kereta Api Gajah Yana

Kereta Api Selanjutnya adalah kereta api Gajah Yana yang merupapakan kereta api jenis eksekutif. Adapun jurusan kereta api ini adalah kota Malang-Jakarta dengan pemberhentian berada di stasiun Jakarta Gambir. Tentunya stasiun ini sangat cocok untuk anda tumpangi bagi anda yang berada di kota Jakarta. Kereta api melakukan persinggahan di beberapa tempat dinataranya adalagh stasiun Madiun dan Stasiun Blitar dan berakhir di stasiun Malang.

Tentunya fasilitas yang disediakan untuk kereta api ini cukup menarik mulai dari AC, TV, serta tempat duduk yang dapat diputar menyesuaikan posisi. Penumpang juga mendapatkan bantal serta selimut untuk membuat perjalanan semakin nyaman. Untuk jadwal keberangkatan kereta api dari stasiun Jakarta Gambir yaitu jam 13.30 WIB. Adapun tarif yang ditetapkan untuk kereta apai ini sekitar Rp 265 ribu.

  1. Kereta Api Majapahit

Bagi anda yang berada di kota Semarang, ada pilihan kereta api yang bisa digunakan untuk menuju kota Malang yaitu kereta api Majapahit. Kereta api yang menghubungkan antara stasiun pasar senin dengan stasiun Malang ini memerlukan waktu perjalanan sekitar 15 jam 38 menit. Untuk keberangkatan dari pasar senin biasaya pukul 18.15 WIB dan sampai di Malang pada pukul 10 .05 WIB. Bagi anda yang berada di Solo, Pekalonga dan Tegal juga bisa menggunakan kereta api ini.

pexels.com
  1. Kereta Api Malabar

Bagi anda yang berada di kota Bandung, maka anda bisa menggunakan kereta api Malabar untuk menuju ke kota Malang. Kereta api ini menggunakan kecepatan 70-100 km per jamnya sehingga memakan waktu perjalanan sekitar 16-17 jam. Kereta api ini singgah dibeberapa stasiun salah satunya adalah stasiun Madiun dan kediri. Untuk tarif naik dari Bandung ke stasiun Malang yaitu sekitar Rp 365 rib hingga Rp 465 ribu.

  1. Kereta Api Mutiara Selatan

Selain menggunakan kereta api Malabar, warga Bandung juga bisa menggunakan kereta api Mutiara Selatan. Kereta api ini merupakan kereta api dengan kelas bisnis dan eksekutif. Untuk tarif yang ditetapkan mulai dari Bandung ke Kota Malang atau sebaliknya yaitu sekitar Rp 270 ribu saja. Kereta api ini melakukan persiggahan di beberapa stasiun antara lain stasiun Kiaracondong dengan melewati kota Surabaya yaitu stasiun Gubeng. Adapun harga tiketnya sekitar Rp 185 ribu.

  1. Tawang Alun

Kereta api ini merupakan kereta api yang diperuntukkan bagi anda yang berasal dari Banyuwangi maupun sekitarnya seperti Jember, Probolinggu maupun Pasuruan. Untuk waktu perjalanan dari Banyuwangi ke Malang memerlukan waktu sekitar 7,5 jam. Adapun harga tiket untuk perjalan tersebut yaitu Rp 62 ribu setiap orang. Beberapa fasilitas dari kereta api menuju stasiun Malang  ini antara lain AC, TV, LCD, toilet hingga bagasi.

Itulah beberapa kereta api dengan tujuan kota Malang. Tentunya anda bisa memilih sesuai dengan tujuan asal. Bagi anda yang berasal dariJakarta misalnya bisa menggunakan beberapa kereta api seperti Matarmaja, Jayabaya maupun Majapahit. Sedangkan untuk yang berasal dari Bandung bisa menggunakan Mutiara Selatan atau Malabar. Tentunya harga tiket tersebut juga beragam sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *