Sedekah, bisnis dan kesehatan adalah tiga kata yang berhubungan dari segi faedah. Maksudnya ialah, siapa rajin bersedekah, bisnisnya akan dilancarkan, kesehatannya juga terjaga.

Falsafah ini yang sejatinya menjadi faktor mengapa bersedekah menjadi aktifitas penting untuk dilakukan. Apalagi di sana juga ada tujuan-tujuan sosial dan kemanusiaan yang harus dipenuhi seluruh masyarakat, terutama kaum muslim.

Untuk artikel kali ini, Kami akan mengulas manfaat dari ketiga kata tersebut yaitu manfaat sedekah, bisnis dan kesehatan. Ulasannya tidak sama dengan tips bisnis dan kesehatan tetapi sama penting untuk dipelajari.

Manfaat Sedekah

Bersedekah adalah aktifitas positif jika dilakukan secara rutin. Karena dengannya kemakmuran umat terjamin. Tentu dengan sedekah tidak ada istilah kaya makin kaya, miskin makin miskin. Karena si kaya juga berbagi dengan orang di bawahnya. Berikut manfaat sedekah yang lebih lengkap, yaitu:

isorepublic.com

1. Bisa Memanjangkan Umur

Rasul bersabda dalam hadist-nya yang maknanya kurang lebih barang siapa rajin bersedekah, usianya bisa bertambah. Bahkan, sekalipun dia tiada, namanya tetap harum dan diperbincangkan sebagai pribadi yang baik. Maka dari itu, jika ingin berumur panjang, rajinlah bersedekah.

2. Melipatgandakan Rezeki

Jika ingin rezeki berlipat ganda, perbanyak sedekah. Karena Allah membuka pintu rezeki untuk orang yang rajin berbagi. Itu ketentuan yang tidak bisa diganggu gugat. Sekalipun bisnis Anda dengan orang lain sama, rezekinya bisa berbeda.

3. Menghindarkan Diri Dari Kejahatan

Bersedekah bisa menghindarkan diri dari kejahatan. Karena logikanya, orang yang diberi sedekah, akan menjaga Anda dari kejahatannya. Tidak ada ceritanya, orang yang diperlakukan baik dengan cara disedekahi, justru mencelakakan. Kecuali ada masalah dengan mental orang tersebut.

Manfaat Bisnis

Setiap muslim harus bekerja atau berbisnis. Karena penghasilan dari sana yang akan disedekahkan kepada orang membutuhkan. Untuk penjelasan selanjutnya, kami ulas manfaat bisnis bagi kaum muslim selain melancarkan sedekah, yaitu:

1. Agar Memiliki Penghasilan

Setiap orang dewasa diwajibkan bekerja. Karena ini syarat mereka bisa mencukupi dirinya dan juga keluarganya. Bekerja dalam hal ini, tidak semata yang terikat dengan dinas seperti menjadi pegawai, karyawan dan selainnya. Berbisnis juga bagian dari hal tersebut.

Salah satu manfaatnya ialah agar mereka memiliki penghasilan. Dengan pendapatan ini, kebutuhan rumah tangga tercukupi tanpa bergantung kepada orang lain dengan cara meminta-minta atau berhutang.

isorepublic.com

2. Mengisi Waktu Luang

Manfaat bisnis selanjutnya ialah sebagai pengisi waktu luang. Ini diperuntukkan bagi para pekerja kantoran yang memiliki waktu agak lapang di rumah. Sehingga waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbisnis. Cara memulainya silakan dibaca tips bisnis dan kesehatan yang banyak beredar di internet.

3. Meningkatkan Bakat dan Kemampuan

Menjaga rutinitas terkait sedekah, bisnis dan kesehatan hanya bisa dilakukan, jika Anda hobi di dalamnya. Artinya, cintai ketiganya, tentu rutinitas akan muncul dengan sendirinya.

Dari sana akan terlahir bakat. Salah satunya bakat berbisnis. Maka dari itu, salah satu manfaat berbisnis yang dilakukan dengan rutin adalah meningkatkan bakat dan kemampuan dalam berdagang.

isorepublic.com

Manfaat Kesehatan

Manfaat kesehatan sangat banyak. Bahkan, kondisi tubuh semacam inilah yang menjamin kehidupan Anda lebih nyaman. Tentu berbeda dengan fisik yang diserang penyakit. Sekalipun harta berlimpah, terkesan tidak berharga. Ini dia beberapa manfaat kesehatan yang perlu diketahui, yaitu:

1. Tubuh Bebas Penyakit

Manfaat kesehatan yang pertama ialah tubuh bebas dari serangan penyakit. Sehingga stamina tetap prima dan penuh vitalitas. Selain itu, anggota keluarga juga ikut terhindar dari virus dan bakteri. Karena sekali Anda berpenyakit, biasanya penularan pertama menyerang orang terdekat.

2. Irit Biaya Perawatan Medis

Jika tubuh terdapat penyakit, perawatan medis harus dilakukan. Tentu dibutuhkan biaya untuk itu. Maka dari itu, jika tubuh sehat, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya rumah sakit dan obat. Sehingga dana tersebut bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lain.

Sedekah, bisnis dan kesehatan adalah unsur penting dalam kehidupan ini. Maka dari itu, manfaat yang sudah dijelaskan di atas seharusnya bisa menjadi motivasi untuk tetap menjaganya dalam keadaan baik dan bagus.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *