Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer dari setiap orang atau keluarga. Pasalnya tanpa adanya rumah kita pasti akan kebingungan karena rumah memiliki fungsi sebagai tempat tinggal yang dibutuhkan oleh setiap orang.  Selain sebagai fungsinya untuk tempat tinggal, rumah juga memiliki fungsi keindahan dimana rumah juga di desain dengan sedemikian rupa sehingga nyaman untuk dijadikan tempat tinggal.

Seiring berjalannya waktu, model dan bentuk rumah pun menjadi lebih beragam. Salah satu model rumah yang cukup populer saat ini di Indonesia adalah rumah model minimalis. Iya rumah minimalis memang menjadi salah satu model rumah yang memiliki desain unik yang simpel dan menarik. Darisinilah rumah minimalis kemudian banyak diminati bahkan diterapkan dalam berbagai bangunan mulai dari rumah, hotel, rumah sakit, dan lain sebagainya.

Kebanyakan rumah minimalis didirikan dengan menggunakan bata, batako, dan sebagainya. Nah lalu bagaimana jika rumah minimalis menggunakan material utama dari kayu? Tentu akan menjadi lebih unik. Rumah minimalis dengan kesan simpel dan modern, sedangkan material kayu dengan desain klasiknya, tentu akan menghasilkan sebuah perpaduan menarik apabila digabungkan. Saat ini pun rumah minimalis kayu mulai banyak dikembangkan, sebab rumah dengan material kayu sejak dahulu dipercaya memiliki tingkat kekokohan yang tak kalah dengan material batu-bata atau sejenisnya. Bagi Anda yang ingin mencari informasi seputar desain rumah minimalis, Anda dapat mengakses situs rumahpedia.info.

unsplash.com

Keunggulah Rumah Kayu Minimalis

Sejak jaman dahulu, kayu telah digunakan sebagai material utama dalam mendirikan rumah. Iya Anda bisa melihat rumah-rumah adat khas Nusantara yang mana sebagian besar menggunakan kayu sebagai material pembuatannya. Hal ini ternyata karena kayu memang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan material yang lain. Berikut adalah beberapa keunggulan rumah dengan menggunakan material kayu:

  1. Tahan gempa

Ada fakta menarik tentang rumah-rumah yang menggunakan material dasar kayu. Iya ternyata rumah-rumah kayu merupakan rumah yang tahan gempa alias tidak gampang roboh ketika gempa bumi. Hal ini sudah banyak terbukti terutama di rumah-rumah adat yang menggunakan kayu sebagai material dasarnya. Rumah kayu memang terbukti memiliki daya tahan yang lebih baik dibanding rumah dengan bahan batu bata dalam menghadapi gempa. Hal ini dikarenakan batu bata yang dapat retak hingga roboh ketika diguncang gempa. Berbeda dengan rumah kayu yang memiliki sifat yang lebih elastis sehingga lebih kuat dalam menghadapi gempa.

  1. Peredam suara yang baik

Jika Anda menginginkan suasana rumah yang tenang dan terbebas dari kebisingan yang ada di luar, maka rumah dengan material kayu dapat dijadikan pilihan. Hal ini karena memang kayu memiliki kemampuan menyerap suara dengan baik. Oleh karena itu memilih rumah dengan bahan kayu dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menciptakan suasana rumah yang lebih tenang.

  1. Memunculkan nuansa alami dan artistik

Kayu adalah isolator alami yang sangat efektif dalam mengisolasi suhu panas dan dingin. Dengan demikian rumah katu dapat menghemat lebih banyak energi dibandingkan dengan rumah berbahan batu bata. Kemudian katu juga memiliki pori-pori yang tipis sehingga membuat sirkulasi udara dalam rumah menjadi lebih baik. Selain itu dari sisi desain, rumah berbahan kayu juga akan terlihat lebih artistik. Material kayu yang unik dapat menciptakan kesan yang unik. Apalagi kayu juga memiliki motif yang berbeda-beda sehingga rumah akan terkesan lebih bervariasi.

unsplash.com

Kreasi Rumah Kayu Minimalis

Bagi Anda yang menginginkan rumah minimalis dengan gaya unik, menggunakan material kayu dapat dijadikan pilihan yang tepat. Pasalnya memang kayu memiliki unsur yang cukup unik sehingga rumah minimalis berbahan kayu akan terlihat lebih berbeda dan unik. Berikut adalah beberapa ide kreasi rumah kayu minimalis:

  1. Rumah kayu minimalis korek api

Desain rumah kayu yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan rumah minimlis pada umumnya jika dilihat dari segi bentuknya. Namun yang unik dari rumah kayu ini adalah penataan kayu pada bagian dinding yang dibentuk layaknya batangan korek api yang di jejer dalam kotak membuat tampilannya terlihat lebih unik.

  1. Rumah minimalis kayu dan batu

Bagi Anda yang ingin menciptakan rumah minimalis dengan desain klasik, maka bahan kayu dan batu menjadi salah satu pilihannya. Perpaduan antara batu dan kayu akan terlihat lebih menarik apabila diterapkan. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan kayu sedangkan untuk bagian penopang bawahnya menggunakan batu. Desain rumah ini memiliki tampilan klasik minimalis layaknya rumah-rumah jaman dahulu.

  1. Rumah kayu bergaya Kanada

Bagi Anda yang menginginkan rumah minimalis kayu dengan tampilan unik dan elegan, maka Anda dapat mengaplikasikan rumah kayu dengan gaya kanada. Rumah minimalis kayu ala kanada in berbentuk simetris dengan pola warna kayu yang berbeda antara sisi-sisi rumah. Iya dengan warna kayu yang agak berbeda ini akan muncul kesan natural yang lebih kental. Rumah ini menggunakan log yang besar dengan perpaduan antara warna coklat tua dengan muda sehingga membuat rumah ini tampak seperti rumah lego. Adanya pola log pada dinding kayu juga turut menciptakan dekorasi yang menarik pada rumah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *