Sama seperti ibadah lainnya. Membaca Al-Quran memiliki aturan tersendiri. Aturan untuk membaca Al-Quran akan diawali dengan niat. Permasalahan niat adalah permasalahan hati sehingga menjadi rahasia antara umat dan Allah. Walaupun mengucapkan niat tidak diperlukan tapi untuk mempertegas mindset beberapa orang membutuhkan untuk mendengarkan perkataan mereka sendiri mengenai apa yang ingin mereka lakukan. Atas dasar ini membaca niat atau berdoa sebelum melakukan ibadah termasuk ke dalam hal yang boleh dilakukan. Hal yang sama juga berlaku pada saat ingin membaca Al-Quran.

Permasalahan niat ini sebenarnya terkadang bisa sangat rumit. Manusia kerap merasakan kesulitan untuk memfokuskan diri pada Allah dalam tindakan mereka. Tidak sedikit orang yang membaca Al-Quran karena ingin dilihat orang dan dipuji. Karena hal ini maka sangat penting bagi seseorang untuk mengokohkan niatnya sendiri pada saat ingin membaca Al-Quran dan menyerahkan hati dan pikirannya pada Allah. Kondisi seperti ini akan tercipta dengan sendirinya ketika mengikuti anjuran dalam surah Al-Muzzammil dalam membaca Al-Quran secara perlahan pada waktu separuh, dua pertiga atau sepertiga malam.

Pada waktu seperti ini akan sangat sulit bagi seseorang untuk menjadi riya karena semua orang lain sedang dalam keadaan tidur dan tidak mengetahui sama sekali tentang apa yang dilakukan oleh orang lain. Kebanyakan orang lain juga akan sibuk dengan urusan mereka masing-masing sehingga ini adalah waktu yang tepat untuk memahami dan meresapi apa yang dibaca. Pada titik ini memaknai cara membaca Al-Quran menjadi jauh lebih mudah untuk dilakukan. Membuat kondisi pikiran dan hati seperti pada saat ketenangan membaca di malam hari merupakan patokan dasar dari adab membaca Al-Quran dengan cara yang benar.

pixabay.com

Menggunakan Al-Quran Online Islambl.com  

Pada situasi tertentu seseorang tidak akan dapat mencapai waktu yang tepat atau suasana yang mendukung pada saat membaca Al-Quran. Membawa kitab Al-Quran tersebut pada situasi seperti ini akan sangat merepotkan. Oleh karena itu islambl menciptakan sebuah terobosan Al-Quran online pada situs website untuk mendukung berbagai kegiatan dalam menggunakan Al-Quran. Seseorang hanya perlu mengunjungi situs islambl untuk mencapai fasilitas terbaik ini. Di dalam halaman utama situs akan langsung ditemukan daftar isi dari Al-Quran. Patokan seseorang pada saat membaca Al-Quran memang berbeda. Di dalam situs ini Al-Quran akan dibagi per surah sehingga orang yang biasa membaca Al-Quran berdasarkan djuz harus menyesuaikan diri.

Memulai membaca dari awal sangat mungkin untuk dilakukan. Cukup klik pada Ummul Quran yaitu surah Al-Fatihah untuk memulai dan temukan tampilan lengkap surah berserta keterangan dan penjelasan. Beberapa penjelasan penting bisa ditemukan pada halaman ini misalnya mengenai asal dari surah, tempat diturunkannya surah, arti mana surat, total ayat dan beberapa hal lainnya. Penjelasan tidak meliputi tafsir karena disarankan pemahaman ayat dan tafsir harus dilakukan bersama seorang guru agar tidak tersesat dalam pemahaman yang diambil. Ayat ini akan ditampilkan secara terpisah untuk masing-masing ayat dan di bawah tulisan arab ayat terdapat juga lafal al quran dan artinya. Pelafalan dibuat dengan huruf latin sehingga akan mudah dibaca dan diikuti.

pixabay.com

Murattal Ayat Al-Quran

Di dalam situs islambl akan terdapat sebuah keunggulan yang tidak akan sama dengan situs atau aplikasi lain yang serupa. Setiap ayat di situs ini akan disajikan dalam sebuah file audio secara lengkap untuk dapat didengarkan dan dipahami. Selain itu terdapat juga file audio lain untuk masing-masing ayat sehingga pembaca dapat dengan mudah mengoreksi kesalahan mereka pada saat membaca. Ayat akan disajikan dalam spasi yang luas dan tulisan yang besar sehingga memudahkan untuk dibaca. Penjelasan juga melibatkan cara penulisan bahasa latin yang tepat untuk ayat tersebut sehingga akan terdapat kejelasan mengenai cara benar untuk melafalkan sebuah kata atau ayat di dalam situs ini.

Sebuah desain unggulan pada penampilan Al-Quran digital akan membuat situs ini menjadi pilihan terbaik yang bisa dinikmati seseorang ketika mereka ingin membaca Al-Quran. Di dalam situs akan terdapat sangat banyak tambahan ilmu dan pelajaran bagi seseorang yang sudah bisa membaca Al-Quran. Bagi yang masih belum terlalu mengenal huruf Al-Quran akan dianjurkan untuk mengawali pelajaran mereka dari iqra’ sampai mereka benar-benar memahami perbedaan pelafalan setiap huruf dan tidak disesatkan oleh penulisan pelafalan latin yang salah. Kesalahan ini bisa berakibat fatal pada situs seperti ini. Pemahaman seseorang dalam membaca huruf Al-Quran akan sangat membantu pada saat mereka membaca karena menemukan kejanggalan akan menjadi mudah.

Di dalam situs ini tersedia kesempatan untuk mengunduh setiap surah secara lengkap atau bisa juga mengunduh bagian surah tertentu untuk referensi. Surah dapat diunduh dengan gratis dan dapat dilakukan tanpa harus menggunakan aplikasi khusus dalam mengunduh ayat. Ketersediaan fasilitas ini akan mendukung pembelajaran lanjutan yang dilakukan secara offline di semua tempat yang dianggap tepat. Memiliki Al-Quran digital sebenarnya sangat bermanfaat bagi setiap orang. Al-Quran ini akan menjadi bagian dari kehidupan modern seseorang sehingga kebutuhan untuk mengakses ayat suci dimanapun mereka berada akan menjadi mudah dengan menggunakan situs seperti ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *