Disaat permintaan pasar terhadap burung-burung yang sulit ditangkarkan meningkat, para pencari burung akan terus berusaha untuk mendapatkan burung-burung tersebut untuk memenuhi permintaan pasar. Terkadang untuk mendapatkan burung tersebut, mereka menggunakan jebakan-jebakan yang terbuat dari berbagai jenis bahan dan berbagai jenis model.

Bahkan ada banyak sekali model jebakan burung yang sering digunakan untuk menangkap di alam liar. Namun tentunya jika hal ini terus dilakukan maka akan mengurangi jumlah populasi burung liar di hutan. Ancaman yang paling berbahaya adalah burung-burung langkah akan mengalami kepunahan karena perburuan liar yang sangat marak.

Melihat kata jebakan, tentunya yang ada dipikiran kita adalah menangkap burung liar dengan cara dijebak menggunakan berbagai jenis alat. Namun jika kita memang ingin mencari burung liar, usahakan untuk tidak menangkap dan menjebak burung yang populasinya sedikit. Karena akan memicu terjadinya kepunahan pada jenis burung tersebut. Kita bisa memanfaatkan teknik jebakan atau pikatan untuk mendapatkan burung-burung endemik  yang memiliki populasi sangat banyak.

Bahkan jika kita mengaku sebagai penggemar burung, maka kita harus bisa melatih diri untuk menangkap burung. Tentunya target awal kita bukanlah burung liar, tapi burung peliharaan yang lepas karena berbagai alasan dan kita harus bisa menangkapnya kembali. Biasanya burung-burung tersebut akan datang kembali untuk mencari makan atau karena mendengar suara burung sejenisnya.

pxhere.com

Manfaat Suara Burung Untuk Pikatan

Nah, dari sini kita bisa memanfaatkan suara-suara burung yang ada di clubburung.com untuk bisa memancing burung kita yang lepas untuk datang kembali ke rumah. Tentunya setelah menyetel suara tersebut, kita harus menyiapkan makanan burung dan juga jebakan dengan model yang bisa kita pilih agar burung mau datang dan bisa kita tangkap.

Memang burung-burung yang ada di alam liar ada yang memiliki sifat bergerombol atau koloni dan juga ada yang memiliki sifat individual. Beberapa jenis burung yang memiliki sifat koloni adalah seperti Pleci, Kutilang, Trucuk dan masih banyak lagi. Karena sifatnya yang koloni, ketika mereka terbang mencari makan sendiri maka akan lebih responsif ketika mendengarkan suara burung dari clubburung.com yang mirip dengan aslinya.

Sehingga burung peliharaan kita yang lepas akan mendengar dan mencari sumber suara. Cara penangkapan ini sangat efektif. Terlebih lagi jika suara yang kita dapat dari clubburung.com adalah suara burung yang berlainan jenis kelamin dengan peliharaan kita yang lepas. Misalkan saja Kacer jantan kita lepas, sehingga untuk memancingnya datang ke rumah kembali kita perdengarkan suara Kacer betina. Naluri burung otomatis akan terpanggil dan mencari sumber suara.

pxhere.com

Cara-cara Menangkap Burung

Jika kita bayangkan, maka menangkap burung yang lepas bukan merupakan sesuatu yang gampang dilakukan. Terlebih lagi jika kawasan rumah kita memiliki banyak sekali pepohonan, hal ini akan semakin mempersulit usaha kita untuk mendapatkan burung itu kembali. Selain itu kita juga harus berusaha untuk bisa menangkap burung tanpa membuatnya luka atau merusak susunan bulu yang indah.

Untuk itu ada beberapa cara menangkap burung pikatan dengan bantuan suara pikat burung dari clubburung.com (download suara masteran) yang mampu memancing burung dengan baik. Berikut ini cara-caranya:

  1. Bantuan Getah Pohon

Cara pertama untuk menangkap burung pikatan adalah dengan menggunakan bantuan getah pohon. Bagi kita yang sering ke pasar burung, pasti sudah tidak asing dengan nama pulut sebagai alat penangkap burung. Kita bisa memanfaatkan alat ini untuk menangkap burung kita yang lepas.

Tentunya jangan lupa menggunakan bantuan suara burung dari clubburung.com yang mampu menarik perhatian burung-burung di sekitar rumah. Namun sayangnya cara menggunakan getah pohon atau pulut ini bisa membuat bulu burung yang indah menjadi rusak karena lengket. Selain itu melepaskan getah dari bulunya juga bisa saja membuatnya terluka karena bulu harus dicabut paksa.

pxhere.com
  1. Sangkar Pikatan

Nah cara selanjutnya mungkin ini yang paling umum dan sering dilakukan oleh para pecinta burung. Cara menangkap burung selanjutnya adalah dengan bantuan sangkar pikatan khusus. Namun ada beberapa pecinta burung yang hanya menggunakan sangkar biasa untuk menjebak burung agar masuk ke dalamnya. Cara tersebut memang bisa saja dilakukan, tapi kita harus menggunakan suara burung yang benar-benar baik seperti dari situs clubburung.com.

Sehingga burung kita yang lepas akan benar-benar masuk ke dalam sangkar. Sementara itu untuk sangkar pikatan ini bisa kita dapatkan di pasar burung terdekat. Sangkar ini jika kita perhatikan memiliki bentuk yang berbeda dari sangkar biasanya. Ada sistem penjebak yang telah diatur pada sangkar tersebut. Untuk bisa meningkatkan peluang menangkap burung dengan sangkar pikatan, maka kita bisa menggunakan suara burung yang berkualitas dari clubburung.com. Tanpa adanya suara burung yang berkualitas, maka burung tidak akan pernah mendekat ke sangkar jebakan kita.

Itulah beberapa cara menangkap burung peliharaan yang lepas atau juga ingin menangkap burung liar yang ada di hutan. Untuk penangkapan ini sangat tergantung dari suara burung yang kita gunakan sebagai pancingan. Suara yang berkualitas mirip dengan aslinya seperti dari clubburung.com akan membantu meningkatkan peluang burung tersebut tertangkap jebakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *