Tengkleng kambing merupakan salah satu olahan yang berbahan daging kambing. Tengkleng kambing saat ini juga banyak digemari karena kelezatannya yang begitu luar biasa. Kuliner engkleng kambing biasanya bisa dengan mudah di daerah Solo, Jawa Tengah. Iya sebenarnya olahan tengkleng kambing sendiri biasanya menggunakan daging kambing dan juga tulangnya. Sekilas tengkleng kambing agak mirip dengan gule, namun terdapat perbedaan pada bumbu yang digunakan.

Tengkleng kambing merupakan masakan yang memiliki kuah yang agak kental serta dengan jeroan, iga, dan juga daging kambing yang masih menempel dengan tulangnya. Pada umumnya tampilan dari tengkleng kambing ini sangat mirip dengan gule kambing hanya saja bahan utam yang digunakan agak berbeda. Tengkleng kambing lebih banyak menggunakan bahan baku iga kambing yang ditambahkan dengan jeroan kambing.

Resep Tengkleng Kambing Khas Solo

Nah untuk membuat tengkleng kambing, Anda perlu menyiapkan berbagai bahan mulai dari iga kambing atau daging kambing yang masih ada tulangnya serta jeroan kambing kurang 1 kg. Kemudian siapkan juga santan cair, jahe yang sudah dimemarkan,  batang serai, daun jeruk, lengkuas, kayu manis, daun salam, cengkeh kering, kecap manis, garam dapur, bawang putih, kemiri, pala, bawang merah, kunyit, minyak goreng, dan air bersih secukupnya. Adapun untuk cara pembuatannya sebagai berikut:

  • Bersihkan semua bahan.
  • Rebus iga kambing sampai mendidih beberapa saat.
  • Kemudian buang kotoran dari rebusan pertama, kemudian masukkan air bersih kembali dan rebuslah iga kambingnya.
  • Rebus kembali daging kambing dan juga jeroan yang akan dimasak hingga empuk, kemudian angkat.
  • Haluskan bumbuya mulai dari bawah merah, kemiri yang sudah di sangrai, bawang putih, biji pala, dan kunyit.
  • Goreng jahe, lengkuas, dan batang serai yang telah dimemarkan. Tambahkan juga daun jeruk, cengkeh, daun salam, katu manis, kemudian silahkan diaduk. Masukkan juga bumbu yang sudah dihasulkan tadi, dan aduk hingga tercampur merata.
  • Masukkan iga kambing dan jeroan pada bumbu-bumbu, kemudian aduk hingga bumbu meresap.
  • Masukkan juga santan encer kemudian aduk. Masukkan juga kecap manis, garam sesuai selera.
  • Tunggu dagingnya empuk, dan angkat, kemudian tengkleng pun siap disajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *