Resep brownies kukus yang akan diulas di bawah ini bisa Anda pelajari untuk membuat brownies kukus dengan berhasil. Membuat brownies kukus memang susah-susah gampang, sangat mudah prosesnya namun jika satu langkah saja tidak dilakukan dengan benar, brownies kukus terancam gagal.

Siapa sih yang tidak suka brownies? Langsung membelinya memang gampang namiun jika Anda bikin sendiri sensasinya akan terasa berbeda. Penasaran bagaimana caranya? Yuk langsung saja disimak di bawah ini cara dan resep brownies kukus anti gagal.

Resep Brownies Kukus Simple dan Mudah

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat brownies kukus di antaranya adalah 200 gram tepung terigu yang sudah diayak. Memang dibutuhkan tepung terigu yang halus agar adonan nanti tidak ada yang menggumpal dan merusak tekstur brownies.

Selain itu siapkan juga coklat batang sebanyak 300 gram dan coklat bubuk sebanyak 75 untuk memberikan warna coklat pada brownies nantinya. Jangan lupakan juga susu segar 200 ml, mentega 300 gram, gula pasir, garam 1/8 sdt dan baking powder 1 sdt.

Jika bahan-bahan dan peralatan semisal wadah adonan dan loyang sudah siap, maka, proses pembuatan brownies bisa dimuali. Langkah pertama membuat brownies kukus adalah dengan memanaskan coklat batang dan mentega pada panci. Setelah mentega dan coklat batang leleh, Anda bisa menambahkan sedikit garam dan aduk sampai rata.

Setelah mengangkat coklat dan mentega dari kompor, Anda bisa menyiapkan wadah lain untuk mengocok telur dan pasir hingga berbusa. Anda bisa menggunakan mixer untuk hasil yang lebih cepat. Jika tekstur telur sudah mengembang baru Anda bisa berhenti.

pickupimage.com

Setelah telur mengembang dengan sempurna, Anda bisa memasukkan coklat dan mentega cair sambil perlahan melelehkan susu di atasnya. Aduk hingga telur tercampur sempurna dengan coklat, mentega dan susu. Setelahnya Anda bisa memasukkan terigu ke adonan, tapi lakukan sedikit demi sedikit, aduk hingga tidak ada tepung terigu yang menggumpal.

Setelah adonan jadi dan siap untuk dikukus, Anda harus menyiapkan loyang dengan mengolesinya dengan mentega. Olesi mentega hingga rata jadi bisa mudah ketika melepaskan brownies dari loyang nantinya, selain itu juga agar loyang mudah dibersihkan setelah selesai dipakai.

Masukkan ke dalam panci untuk mengukus dan tunggu selama 20 menit, untuk mengecek apakah brownies sudah matang apa belum bisa menggunakan garpu/lidi. Caranya bisa menusukkan ke dalam brownies, jika sudah tidak ada adonan yang menempel berarti brownies sudah matang. Setelah matang dan dingin, Anda bisa mengolesinya dengan topping dan potong sesuai dengan selera Anda.

pickupimage.com

Resep Brownies Kukus Keju

Untuk membuat brownies keju, Anda membutuhkan 90 gram tepung terigu, 4 butir telur ayam, susu bubuk vanila 25 gram dan coklat putih cair 50 gram. Selain itu siapkan juga keju 50 gram, mentega leleh 30 gram, gula pasir 120 gram, ½ sdt garam, baking powder ¼ sdt dan cake emulsifier 1 sdm.

Peralatannya juga harus Anda siapkan agar memudahkan nanti ketika proses pembuatan brownies keju dimulai. Sebelum membuat adonan, pertama Anda harus melelehkan keju terlebih dahulu ditambah dengan 2 sdm air panas. Anda juga harus mengayak tepung, baking powder dan susu bubuk agar tekstur brownies tidak kasar nantinya.

Jika sudah, Anda bisa mulai membuat adonan dengan mengocok telur dicampur dengan gula pasir dan cake emulsifier. Anda bisa mengocoknya secara manual atau menggunakan mixer untuk hasil yang lebih cepat. Kocok hingga adonan menjadi pucat dan mengembang sempurna.

Baru setelah itu Anda bisa memasukkan terigu, baking powder, dan susu bubuk perlahan-lahan sambil terus mengaduk agar adonan tercampur sempurna. Setelahnya adonan tercampur tambahkan garam, keju, mentega dan coklat yang sudah dicairkan dan aduk hingga tercampur seluruhnya.

pickupimage.com

Setelah adonan siap Anda bisa menyiapkan loyang yang digunakan untuk mengukus. Jangan lupa untuk mengolesinya dengan mentega agar tidak lengket dan loyang mudah dibersihkan. Panaskan juga panci untuk mengukus dan Anda bisa melapisi tutup panci dengan kain agar tidak ada uap yang menetes ke dalam adonan.

Setelah panci panas, Anda bisa memasukkan adonan ke dalamnya dan tunggu sampai matang kira-kira selama 30 menit. Jika sudah matang Anda bisa mengangkatnya dan diamkan dengan suhu ruangan selama 10 menit. Anda bisa mengolesinya dengan topping sesuai selera Anda.

Demikianlah resep brownies kukus yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. Caranya mudah dan simple bukan? Jadi Anda tidak perlu takut untuk gagal. Tentunya kami masih punya banyak sekali referensi resep makanan lezat mudah dibuat yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Masakan harian pun jadi lebih bervariasi dan super digemari keluarga tercinta pastinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *