Tentara nasional indonesia (TNI) menjadi pasukan perang yang bertanggung jawab atas operasi pertahanan negara republik indonesia. Menjadi seorang prajurit TNI pastinya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi setiap orang. TNI sendiri dibagi menjadi tiga cabang yaitu angkatan darat, angkatan udara dan angkatan laut. Masing masing dari cabang TNI tersebut memiliki tanggung jawab wilayah masing masing untuk di jaga.

Persyaratan Pendaftaran TNI AL

TNI Angkatan Laut menjadi cabang dan bagian dari tentara nasional indonesia yang bertanggungjawab untuk operasi pertahanan  republik indonesia di wilayah laut. Pastinya untuk menjadi seorang anggota TNI AL bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan karena proses seleksi dan karantina yang dilakukan juga sangat ketat.

Untuk bisa menjadi anggota TNI AL ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi diantaranya. Merupakan warga negara indonesia, setia kepada NKRI dan pancasila, bukan PNS, usia maksimal 22 tahun, ijazah minimal SMA atau sederajat, tinggi minimal 163 untuk pria dan 158 untuk wanita, berkelakuan baik dan tida kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan.

Selain itu harus sehat jasmani dan rohani, belum pernah menikah, siap ditempatkan di seluruh wilayah NKRI, memilik KTP dan KK.

Tugas Dan Tanggung Jawab TNI AL

Ketika hendak mendaftar sebagai anggota TNI angkatan laut maka kamu harus mengetahui mengenai tugas dan tanggung jawab TNI AL. Berdasarkan UU nomor 34 tahun 2004 tugas TNI AL antara lain.

  1. Melaksanakan tugas TNI di bidang pertahanan di wilayah laut
  2. Menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan internasional.
  3. Menjalankan tugas diploma angkatan laut
  4. Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut

Itu tadi beberapa tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh TNI angkatan laut berdasarkan UU nomor 34 tahun 2004. Bagi kamu yang sekarang ini memiliki keinginan besar untuk bergabung menjadi bagian dari tentara nasional indonesia angkatan laut maka kamu harus tahu bahwa dalam proses pendaftaran peserta tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *