File microsoft word adalah jenis file yang paling banyak digunakan. Karenanya hampir disetiap perangkat pc maupun laptop selalu ada dan terinstal software microsoft word. Yang menjadikan file ini banyak digunakan oleh orang-orang adalah karena file ini mudah untuk di edit dan bisa juga kamu lakukan cara mengubah word ke pdf.

Meski file word atau doc banyak digunakan, tetap saja file ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kami akan menjelaskan secara rinci apa saja kelebihan dan kekurangan dari file doc atau file microsoft word. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari file microsoft word atau doc. Simak ulasan artikel yang ada dibawah ini.

Sekilas Tentang File Word

File word itu memiliki dua format utama yaitu doc dan docs. Seperti namanya, file word ini dibuat dengan menggunakan software microsoft word. Adapun perihal software microsoft word ini memiliki berbagai macam versi. Mulai dari tahun 2000, tahun 2003, tahun 2007 dan juga tahun 2010. Semua software Microsoft word tersebut memiliki peningkatan-peningkatan mutu dan kualitas.

Dari semua software Microsoft word tersebut, yang paling banyak digunakan oleh pengguna adalah Microsoft word versi tahun 2007. Namun tak menutup kemungkinan banyak juga versi lain yang digunakan. Poin ini balik lagi pada selera masing-masing dari setiap orang. Microsoft word untuk versi tahun 2010 bisa kamu gunakan untuk mengubah format file menjadi pdf.

Setelah era kejayaan ponsel android, perlahan tapi pasti software Microsoft word juga merambah ke dunia gadget tersebut. Microsoft word sekarang ini sudah hadir di playstore maupun appstore dengan tampilan yang tentu berbeda dari versi pc atau laptop. Namun secara keseluruhan aplikasi word untuk ponsel dari segi menu-menu dan fitur tak jauh berbeda dengan versi pc atau laptop tersebut.

pexels.com

Fungsi dan Kegunaan Microsoft word

Setelah kamu mengetahui informasi sekilas tentang Microsoft word, selanjutnya akan kami jelaskan secara detail tentang fungsi dan kegunaan dari Microsoft word yang merupakan software dengan basic teks. Adapun untuk fungsi dan kegunaan dari software Microsoft word antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Memudahkan pengerjaan dokumen tulisan dari yang sebelumnya manual atau menggunakan mesin tik yang terlalu repot. Dengan adanya Microsoft word, pekerjaan tersebut lebih terasa ringan dan mudah di lakukan.
  2. Microsoft word dapat meminimalisir kesalahan dalam penulisan. Hal ini di karenakan software ini bisa di edit dengan sesuka hati dan kemauan. Tidak ada batasan waktu untuk dapat mengedit file di Microsoft word. Bahkan file word yang sudah tahunan tidak di buka bisa di edit kembali.
  3. Dokumen yang dibuat di Microsoft word bisa langsung di cetak pada kertas dengan bantuan fitur print.
  4. Microsoft word bisa digunakan untuk membuat berbagai macam jenis tulisan baik itu novel, surat menyurat, karya ilmiah atau sekedar artikel yang di unggah di website dan semacamnya.

Itulah kegunaan dan fungsi yang di hadirkan berkat peranan software Microsoft word.

Kelebihan Software Microsoft word

Yang pertama akan di bahas adalah kelebihan dari software Microsoft word. Dengan melihat fungsi dan kegunaan yang di jelaskan diatas, sebenarnya kamu sudah sedikit memiliki gambar mengenai kelebihan dari software atau file Microsoft word ini. Adapun untuk kelebihan dari file yang dibuat di software Microsoft word ini antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Tools yang disediakan di dalam software Microsoft word lengkap dan mudah dipahami serta bisa dengan mudah digunakan.
  2. Terdapat banyak versi mulai dari Microsoft word 2000, Microsoft word 2003, Microsoft word 2007, Microsoft word 201 dan masih ada banyak lagi. Termasuk Microsoft word untuk versi gadget atau ponsel android.
  3. Untuk loading ketika pertama menjalankan software Microsoft word tidak memakan waktu yang lama. Bahkan hanya dalam hitungan beberapa detik saja software Microsoft word tersebut akan terbuka.
  4. File Microsoft word bisa dengan mudah di edit kembali dengan hanya sekali klik file tersebut maka akan langsung di antar menuju halaman kerja dari software Microsoft word tersebut yang ada di perangkat pc, laptop maupun ponsel android.
  5. Microsoft word mudah untuk menyisipkan gambar dengan berbagai macam format, video, tautan link dan lain sebagainya.
pexels.com

Kelemahan Software Microsoft word

Selain kelebihan, ada juga kelemahan dari Microsoft word. Microsoft word tetap tak bisa luput dari kekurangan atau kecatatan yang tidak bisa terbantahkan lagi. Kami akan menjelaskan beberapa kekurangan dari software Microsoft word ini pada penjelasan artikel yang ada di bawah ini.

  1. Terkadang file word yang di buat pada software Microsoft word dengan versi tertentu, misal versi 2010 ketika dibuka pada Microsoft word 2007 akan menjadi berantakan susunannya.
  2. Software Microsoft word tidak semuanya bisa digunakan untuk mengubah atau mengconvert ke format file lain seperti pdf dan semacamnya.
  3. Software Microsoft word memiliki lisensi sehingga kamu harus membayarnya ketika ingin menggunakan untuk membuat tulisan dan semacamnya.

Nah itulah ulasan lengkap tentang kelebihan dan kekurangan dari file yang dibuat dengan menggunakan software Microsoft word. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *