Melaksanakan sebuah acara pengajian di luar gedung membutuhkan persiapan yang ekstra banyak. Tak hanya berkaitan dengan konsep acara, tema, maupun pengisi kajian saja. Namun, hal lain berupa sewa tenda di bogor pun harus dipersiapkan dengan detail. Ya, konsep acara yang berada di alam terbuka memang membutuhkan persiapan yang matang. Hal ini dilakukan tak lain guna mendapatkan kesuksesan dalam penyelenggaraannya serta untuk melindungi pengunjung dari teriknya panas matahari maupun guyuran hujan. Selengkapnya terkait beberapa persiapan yang harus Anda lakukan untuk pengajian di luar gedung, silakan simak penjelasannya berikut ini.

Hal-Hal Seputar Pengajian

Sebagai umat muslim Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah pengajian atau sering disebut sebagai tabligh akbar atau majelis taklim. Namun, bagi Anda yang masih awam akan hal tersebut tidak ada salahnya untuk menyimak penjelasan rincinya berikut ini.

1.      Apa Itu Pengajian?

Pengajian atau At-ta’llimu yang berasal dari bahasa Arab yakni ta’allama yata’allamu ta’liiman mengandung arti belajar. Lazim disebut sebagai tabligh akbar atau taklim, pengajian secara sederhana dapat dinyatakan sebagai suatu tempat untuk menambah ilmu agama melalui pembelajaran agama yang disampaikan oleh seorang yang ahli dalam bidangnya. Adapun pembelajaran yang dipelajari tersebut mempunyai nilai ibadah tersendiri berupa nilai-nilai agama. Tak heran jika pengajian mempunyai beberapa manfaat lebih yang dapat diperoleh para undangan yang hadir dalam majelis tersebut. Salah satu manfaat diadakannya pengajian ini adalah untuk menyambung silaturahim antar umat Islam baik yang berada di lingkungan tersebut maupun masyarakat luas lainnya. Tak hanya itu saja, terdapat manfaat lain yakni bagi diri pribadi dapat menjauhkannya dari hal-hal yang buruk atau lazim disebut sebagai amal ma’rif nahi munkar.

2.      Kedudukan dan Fungsi Pengajian

Membicarakan tentang pengajian memang tidak akan pernah ada habisnya. Selain berhubungan dengan agama, pengajian juga memiliki kedudukan tersendiri ketika dilaksanakan. Secara umum pengajian bertujuan untuk membina akhlak seseorang melalui kajian yang disampaikan secara langsung oleh pembicara, dalam hal ini ustadz, ustadzah, kiyai atau aaliim (orang yang mempunyai ilmu). Fungsinya sendiri tak berbeda jauh dengan tujuannya, yakni untuk menjaga silaturahim antar umat, memotivasi umat agar senantiasa beribadah kepada Allah SWT, dapat meluruskan aqidah umat yang sudah terdistorsi paham ajaran lain, amar ma;ruh nahi munkar, serta dapat digunakan sebagai media untuk menolak ajaran tertentu yang sifatnya negatif dan bertentangan dengan hukum Islam.

Selain memiliki fungsi dan tujuan yang jelas, pengajian dilakukan juga karena memiliki kedudukan tertentu yang tak kalah penting. Diantara beberapa kedudukan pengajian di masyarakat yang wajib Anda ketahui yakni bahwa pengajian dijadikan sebagai media silaturahim antar umat Islam, dapat membina dan membantu masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang madani, media penyampai gagasan yang bermanfaat bagi pembangunan umat dan lainnya.

Tips Pengadaan Acara Pengajian di Luar Gedung

Setelah menyimak arti penting dari pengajian, ada baiknya Anda menyimak beberapa tips penting yang harus Anda lakukan sebelum mengadakan acara pengajianluar gedung. Diantar beberapa tips, terdapat tips khusus yang harus Anda pahami dengan baik yakni berupa sewa tenda di bogor yang tepat. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya dapat Anda simak penjelasan berikut ini.

1.      Pembentukan Ketua dan Tim Panitia

Langkah pertama dari beberapa tips yang kami referensikan adalah pembentukan ketua beserta tim panitia. Anda bisa mulai membentuk susunan kepanitiaan jauh-jauh hari agar dapat menentukan tindak lanjut terkait hal teknis maupun administratif.

2.      Musyawarah Konsep dan Tema Acara

Selanjutnya lakukanlah musyawarah antar anggota dalam tim untuk menyusun konsep dan tema acara pengajian tersebut. Meskipun berhubungan dengan agama, namun seperti yang sudah Anda ketahui bersama bahwa terdapat poin-poin lain yang diajarkan dalam agama, seperti bab muamalah, akhlah, aqidah dan lain sebagainya. Melalui forum ini Anda diminta untuk merinci hal yang akan dijadikan tema dan dilanjutkan pembahasan di hari H.

3.      Musyawarah Penentuan Rencana Anggaran

Tak kalah penting dari tips sebelumnya, selanjutnya Anda harus benar-benar merengreng terkait rencana anggaran beserta sumber pendanaan yang diperoleh. Meski hanya sekadar pengajian, namun ada baiknya untuk urusan dana harus benar-benar disusun sedemikian rupa meliputi hal untuk sewa tenda di bogor, akomodasi dan transportasi pembicara kajian, snack untuk para hadirin maupun untuk hal teknis lainnya. Jika acara tersebut terbilang cukup besar, maka tidak ada salahnya jika sumber pendanaan tersebut dapat diambil dari sponsor. Tak menutup kemungkinan untuk acara pengajian memang selalu ada donatur dan juga uang amal, akan tetapi memberikan plan B juga tidak ada salahnya.

4.      Musyawarah Koordinasi Antar Tim

Hal teknis lain yang harus diperhatikan adalah musyawarah antar anggota tim. Bagian ini berkaitan dengan penyusunan SOP, pembagian jobdesk maupun hal lainnya. Jadi usahakan untuk merinci dengan detail tugas antar tim.

5.      Pelaksanaan Evaluasi

Anda bisa melakukan evaluasi antar tim untuk menelaah kesalahan maupun kekeliruan yang bisa saja terjadi. Hal ini berguna agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

 

Nah itu dia penjelasan rinci mengenai beberapa hal seputar persiapan pengadaan pengajian luar gedung yang harus Anda ketahui. Jangan lupa untuk memastikan bahwa sewa tenda di bogor menjadi andalan Anda ketika mengadakan acara serupa. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *