Universitas Indonesia atau UI merupakan salah satu dari sekian banyak perguruan tinggi negeri di Indonesia yang menjadi idaman bagi para pelajar. Setiap tahunnya peminat untuk masuk ke UI ini semakin meningkat dan menimbulkan persaingan yang ketat antar sesama pendaftar. Hal inilah yang membuat banyak pelajar semakin tertantang untuk bisa menjadi mahasiswa UI.

Sama seperti perguruan tinggi negeri lainnya, UI juga menerapkann tiga jalur pendaftaran bagi calon mahasiswa baru, yakni jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, dan juga jalur mandiri atau SIMAK UI. Jadi, setiap pelajar memiliki kesempatan sebanyak tiga kali untuk bisa lolos dan menjadi mahasiswa UI.

Di UI ini ada banyak program studi dengan berbagai jenjang yang tersedia, seperti diploma, sarajana, pascasarjana, profesi, dan juga spesialis. Jadi, Anda dapat dengan bebas memilih program studi mana yang sesuai dengan minat Anda. Namun, perlu Anda ketahui jika program studi yang dipilih akan menentukan biaya kuliah di UI nantinya.

Untuk biaya kuliah sarjana regular menggunakan sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal yang ditetapkan berdasarkan penghasilan orang tua. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena biaya kuliah di UI masih dapat dikatakan terjangkau pada ukuran perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Namun, pada program studi tertentu, seperti kedokteran, tentu saja biaya kuliahnya akan jauh lebih besar dibandingkan dengan program studi lain. Jadi, Anda tidak perlu terlalu dipusingkan mengenai biaya jika kuliah di UI ini karena bisa disesuaikan dengan penghasilan orang tua masing-masing.

Selain itu, UI juga menyediakan berbagai macam program beasiswa yang dapat diikuti oleh para mahasiswanya untuk meringankan biaya kuliah. Anda bisa memilih program beasiswa yang disediakan oleh kampus, perusahaan, maupun instansi lainnya yang telah bekerja sama dengan pihak UI.

Apabila Anda benar-benar ingin melanjutkan pendidikan di UI, maka Anda harus berusaha dan bekerja dengan sungguh-sungguh agar bisa lolos dapat proses seleksi mahasiswa baru nanti. Ingat, tidak ada yang tidak mungkin terjadi selagi kita berusaha.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *