Adalah hal wajib bagi Warga Negara Indonesia untuk mengetahui perbedaan arti Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup. Di mana sebagai dasar negara, Pancasila adalah landasan dasar berdirinya negara Indonesia. Masih berkaitan sebagai dasar negara, Pancasila pun memiliki fungsi sebagai pembentuk identitas sekaligus jati diri bangsa dan sarana pemersatu bangsa dengan negara.

 

Sementara sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila berfungsi sebagai pedoman dalam bernegara. Pancasila haruslah bisa menjadi penunjuk arah demi mencapai tujuan luhur rakyat Indonesia. Hal ini sesuai dengan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada alenia keempat. Sehingga dalam menghadapi masalah yang terjadi dalam lingkup bangsa dan negara, Pancasila menjadi solusinya.

 

Pengejawantahan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup

Sebagai dasar negara dan pandangan hidup, sudah pasti bahwa Pancasila dapat dijadikan pedoman oleh setiap warga negara. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa terdapat lima sila yang terkandung dalam Pancasila. Nah setiap sila sudah pasti dapat diejawantahkan menjadi pedoman hidup, berikut penjelasannya!

  • Sila Pertama

Sebagai dasar negara dan pandangan hidup, sudah pasti bahwa sila pertama dapat dipahami sebagai usaha warga negara untuk meyakini Tuhan sebagai sumber nilai. Itu artinya, setiap warga negara mesti berpijak pada nilai-nilai agama.

  • Sila Kedua

Dari sisi kemanusian, setiap warga negara mesti menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

  • Sila Ketiga

Setiap warga negara mesti menjadikan solidaritas sebagai pedoman hidup.

  • Sila Keempat

Dalam pengambilan keputusan yang sifatnya sosial, maka diperlukan adanya musyawarah.

  • Sila Kelima

Di mata hukum, semua warga negara memiliki derajat yang sama, sehingga tidak ada yang namanya diskriminasi diantara warga negara.

 

Karena bisa menjadi dasar negara sekaligus pandangan hidup, Pancasila haruslah mampu membentuk identitas dan jati diri bangsa Indonesia. Melalui simbol Bhinneka Tunggal Ika, diharapkan kepentingan sekaligus keselamatan bangsa dan negara ada di atas kepentingan pribadi dan golongan. Hal inilah yang membuat perbedaan arti Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup menjadi sangat penting.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *