Indonesia mempunyai berbagai jenis menu makanan yang sangat lezat. Bahkan diantara makanan – makanan tersebut ada yang menjadi ciri khas Indonesia. Makanan Nusantara yang paling terkenal adakan pepes ikan. Pernah mendengar pepes ikan? Menu makanan ini memang mempunyai rasa yang sangat lezat. Anda bisa menemukan berbagai menu makanan pepes ikan di seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Ikan yang dipepes pun cukup beranekaragam.

Rasa yang ditawarkan ikan pepes ini sangat sesuai dengan lidah orang Indonesia. Wajar saja jika menu ini selalu laris dibeli. Banyak yang menawarkan menu pepes ikan sebagai menu andalan. Proses pembuatan menu pepes ikan ini juga terbilang cukup sederhana. Pepes ikan masuk dalam salah satu menu tradisonal Nusantara yang hingga detik ini masih bisa anda temui.

Proses Pembuatan Pepes Ikan

Seperti yang kita tahu bahwa pepes ikan ini bisa ditemukan hampir di semua wilayah yang ada di Nusantara. Setiap orang bisa membuat pepes ikannya sendiri. Mengingat bahan – bahan untuk membuat pepes ikan ini sangat mudah untuk ditemukan. Lalu bagaimana cara membuat pepes ikan?

Prosee pembuatan pepes ikan ini cukup sederhana. Memasak dengan cara di pepes ini lebih identik dengan dibungkus daun pisang. Ada banyak macam ikan yang bisa dimasak dengan cara pepes ini. Nantinya ikan tersebut akan dilumuri dengan bumbu lalu ditutup dengan daun pisang. Lalu dimasak dengan cara dipepes. Walaupun cara memasaknya sangat sederhana namun rasa yang ditawarkan menu makanan satu ini sangat luar biasa.

Bagi anda yang belum pernah mencoba mencicipi menu makanan pepes ikan ini maka anda bisa mulai mencobanya. Ada banyak menu pepes ikan Nusantara yang bisa anda coba. Di bawah ini akan dibahas mengenai berbagai menu pepes ikan di Nusantara. Bagi anda yang belum mencoba bisa mencoba beberapa menu di bawah ini. Read more hingga pembahasan selesai.

Berbagai Menu Pepes Ikan Nusantara

Sebagai orang Indonesia anda wajib mencoba menu pepes ikan ini. Menjadi salah satu makanan khas di Indonesia pepes ikan ini selalu menarik minat orang untuk memakannya. Anda bisa memilih menu ikan yang bisa anda santap dengan cara dipepes. Langsung saja kita bahas lebih detail setiap menu pepes ikan yang ada di Nusantara.

  1. Pepes Ikan Nila

Pepes ikan kali ini menggunakan bahan dasar ikan nila. Ikan nila ini menjadi salah satu jenis ikan yang paling banyak digemari orang. Ikan nila ini mempunyai banyak kandungan yang baik untuk tubuh seperti untuk mencegah serangan jantung, mempunyai senyawa selenium, dan juga cocok digunakan bagi anda yang ingin melakukan diet sehat. Ikan nila ini sering dijadikan sebagai salah satu bahan pepes ikan.

  1. Pepes Ikan Pindang

Bagi anda yang menyukai ikan pindang, kini anda bisa mencobanya dengan rasa yang berbeda. Ikan pindang kali ini akan dimasak dengan cara dipepes. Pastinya rasa ikan pindang akan menjadi lebih sedap. Biasanya ikan pindang pepes ini akan ditambah dengan lumuran sambal di atasnya sehingga bisa menghasilkan rasa yang luar biasa.

  1. Pepes Ikan Patin

Ikan patin masuk dalam daftar ikan yang sering dimasak dengan cara dipepes. Ikan patin ini sangat mudah ditemukan di perairan Indonesia, wajar saja jika banyak yang menjadikan ikan ini sebagai menu makanan.

  1. Pepes Ikan Gurame

Ikan gurame ini sangat sering dijadikan menu makanan ikan di berbagai tempat makan. Rasa dari ikan ini sangat lezat yang membuat banyak orang tertarik untuk mengkonsumsinya. Ikan gurame ini juga bisa dimasak dengan cara dipepes. Rasa ikan pepes gurame ini sangat lezat dan membuat orang tertarik untuk mencobanya kembali.

  1. Pepes Ikan Kembung

Walaupun ikan kembung identik dengan rasanya yang hambar namun ikan kembung ini sering dijadikan sebagai menu pepes ikan. Ikan kembung ini ketika dimasak dengan cara dipepes mampu menghasilkan rasa yang sangat lezat dibandingkan dimasak dengan cara yang lain. Jadi kini anda bisa mencoba ikan kembung dengan proses memasak dengan dipepes.

  1. Pepes Ikan Mas

Ikan mas sangat sering dijadikan olahan makanan. Termasuk dalam membuat menu ikan pepes. Ikan mas ini mempunyai rasa yang sangat lezat dan mampu menjadi menu utama ketika dijadikan sebagai pepes ikan.

  1. Pepes Ikan Bandeng Presto

Siapa yang belum pernah mencoba ikan bandeng prestro ini? Sudah pasti anda pernah mencobanya. Ikan bandeng presto ini juga bisa dijadikan sebagai menu makanan pepes ikan. Rasa yang ditawarkan juga tidak kalah lezatnya dari menu masakan lainnya.

Tujuh menu ikan pepes Nusantara di atas hanya beberapanya saja. Masih ada banyak menu ikan yang sering dijadikan sebagai bahah membuat pepes ikan dengan rasa tidak kalah sangat lezat. Menu – menu di atas termasuk menu pepes ikan yang paling mudah ditemui dan yang paling banyak disukai orang. Kini anda bisa mencoba setiap menu pepes ikan Nusantara, hampir di seluruh wilayah di Indonesia anda bisa menemukan menu makanan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *