Terong menjadi salah satu jenis sayuran yang berasal dari benua Asia, khususnya Birma dan India. Namun beberapa hasil menyatakan bahwa tanaman terong telah banyak tumbuh di daerah Cina yang kemudian tersebar ke beberapa negara yaitu Indonesia, Afrika, Eropa, Amerika Selatan dan Malaysia. Terong adalah jenis sayuran yang dapat diolah menjadi berbagai makanan seperti balado terong dan sambal terong. Namun disamping itu terong juga memiliki peran lain untuk kesehatan tubuh manusia.

Terong dengan nama latin Solanum melongena L ini masih berkerabat dengan kentang dan jauh dari tomat. Tanaman terong hadir dengan berbagai varian warna dan bentuk yang menarik dan sering kali membuat beberapa orang lebih bersemangat untuk mengonsumsinya. Tanaman terong termasuk dalam kingdom Plantae dan menghasikan biji berkeping dua serta merupakan family dari solancea.

Perlu diketahui bahwa terong merupakan tanaman setahun semusim dengan bentuk batang yang bercabang, pendek serta berkayu. Permukaan batang cabang dan daun ditutup oleh beberapa buku halus. Tinggi dari batang tanaman terong sangat bervarian sekitar 50 cm hingga 150 cm. Selain itu, batang tanaman terong membentuk sebuah percabangan yang tidak beraturan dan menggarpu. Ukuran batang utama dari terong agak keras dan besar, sedangkan ukuran batang percabangan lebih kecil. Peran batang dalam tanaman terong ini adlaah sebagai tempat bertumbuhnya daun serta organ – organ lain untuk mengangkut zat hara. Selain itu, juga dapat digunakan untuk jalan menyalurkan zat asimilasi menuju seluruh tubuh.

Terong memiliki akar tunggang dengan beberapa cabang yang dapat menembus tanah hingga mencapai 80 – 100 cm. Beberapa akar yang tumbuh secara mendatar akan menyebar dari daerah pangkal batang tergantung dengan kesuburan tanah dan umur tanaman tersebut. Biji tanaman terong berukuran kecil dengan warna coklat mudah dan bentuk pipih. Biji terong adalah alat untuk reproduksi dan perbanyakan generatif. Terong yang ditanam dapat berbentuk lonjong dan bulat, serta dengan warna ungu, hijau dan putih.

Setiap warna dari jenis terong memiliki manfaat masing – masing serta hasil olahan makanan yang berbeda – beda. Tanaman terong yang telah menghasilkan buah, buah tersebut kan menggelantung di tangkai. Pada umumnya, setiap satu tangkai hanya terdapat satu buah terong. Setiap bagian dari tanaman terong ternyata memiliki peranan masing – masing, seperti bunga terong yang dapat pula dimanfaatkan untuk olahan makanan dan daun yang berfungsi sebagai tempat fotosintesis terong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *