Ada berbagai jenis pernak-pernik yang biasa digunakan untuk melengkapi sebuah rumah maupun bangunan lainnya. Fungsi dari pernak-pernik ini adalah untuk memberikan keindahan atau sebagai hiasan. Tapi tidak hanya itu, terkadang hiasan ini juga memiliki fungsi yang lebih dari sekedar memberikan keindahan saja. Contohnya antara lain cermin, hiasan dinding, guci, dan lain sebagainya.

Ada berbagai bahan yang digunakan untuk membuat pernak-pernik ini. Biasanya bahan keramik dan Logam yang sering digunakan. Dari berbagai logam yang ada bagan dan kuningan menjadi dua bahan favorit yang digunakan untuk membuat berbagai macam pernak-pernik. Pada kesempatan ini Kita akan mengenal lebih jauh tentang tembaga kuningan serta aneka kreasinya.

Mengenal Jenis Logam Tembaga Kuningan

pixabay.com

Mengenal Logam Tembaga

Tembaga merupakan salah satu jenis logam yang berwarna kemerahan. Salah satu jenis logam yang memiliki lambang Cu pada tabel periodik ini memiliki banyak manfaat untuk kehidupan Kita.  Selain diolah langsung dari bahan tembaga murni, tembaga yang dicampurkan dengan timah akan menghasilkan logam mulia perunggu.

Tembaga merupakan salah satu jenis logam yang dapat menghantarkan panas dan listrik dengan sangat baik. Oleh sebab itulah, banyak sekali alat masak serta kabel listrik yang terbuat dari tembaga. Logam yang satu ini juga tidak mudah berkarat karena tidak bereaksi dengan air. Jika bereaksi dengan oksigen, akan muncul lapisan hitam di permukaannya. Hal ini tidak akan merusak karena korupsinya tidak berlanjut.

Mengenal Logam kuningan

Setelah mengenal logam tembaga, Kita juga harus mengenal logam kuningan agar mengetahui perbedaannya. Sebenarnya kuningan merupakan logam turunan dari tembaga. Tembaga yang dicampur kan dengan seng menghasilkan jenis baru yaitu kuningan.

kuningan sendiri sering dijadikan sebagai bahan pembuatan benda-benda dekoratif karena kemiripan warnanya dengan emas. Tak jarang kuningan juga digunakan sebagai pengganti emas. Daya tahan tinggi yang dimiliki oleh kuningan menjadi alasan mengapa logam yang satu ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan alat musik.

kuningan sendiri memiliki beragam jenis, mulai dari kuningan kuning hingga kuning dan merah. Perbedaan jenis ini disebabkan oleh perbandingan campuran antara tembaga dan seng.

Perbedaan Antara Tembaga dan kuningan

Tembaga dan kuningan memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Namun terkadang Kita sulit untuk membedakan kedua jenis logam ini. Terlebih saat logam telah mengalami oksidasi dan permukaannya sudah tidak mengkilap lagi. Berikut ini ini ini cara untuk membedakan antara kuningan dengan tembaga yang bisa Anda praktikkan:

  • Pertama bersihkan permukaan logam terlebih dahulu. Pastikan logam terlihat permukaan aslinya yang mengkilap. Jika tidak bisa sampai mengkilap setidaknya logam telah bersih dari kotoran sehingga Anda dapat melihat warna aslinya.
  • Bawalah logam ke tempat yang terang, misalnya ke ruangan yang mendapat cahaya matahari langsung. Jika tidak ada cahaya matahari, Anda bisa menggunakan lampu yang berwarna putih. Jangan menggunakan lampu pijar yang berwarna kuning untuk membedakan dua jenis logam ini. Lampu pijar berwarna kuning akan menimbulkan warna palsu pada pantulan logam.
  • Perhatikan warna logam. Jika logam memiliki warna merah kecoklatan berarti tembaga. Jika warnanya cenderung kuning, maka logam tersebut adalah kuningan. Terkadang warna kuning dan juga sedikit Jingga atau keemasan.

Berbagai Macam Kreasi Berbahan Tembaga kuningan

pixabay.com

Logam tembaga dan kuningan banyak dikreasikan untuk membuat berbagai peralatan. Berikut ini merupakan beberapa contoh kreasi dari tembaga kuningan.

Meja Tembaga kuningan

Meja berbahan tembaga dan kuningan sering dijumpai pada arsitektur lama. Misalnya pada bangunan klasik. Meja yang terbuat dari logam ini sangat kuat dan juga berat. Meskipun cenderung klasik dan kuno, banyak juga masyarakat masa kini yang menggemari meja tembaga kuningan ini.

Bak Mandi Tembaga

Jika Anda lebih sering melihat bak mandi atau bath up yang terbuat dari bahan keramik atau porselin,  bak mandi yang terbuat dari tembaga juga cukup sering dijumpai. Tembaga dipilih sebagai bak mandi karena logam ini tidak berkarat.

Lampu Meja Tembaga kuningan

Kerajinan tembaga kuningan berikutnya yaitu lampu meja atau lampu hias.  Ada berbagai macam corak lampu hias logam ini yang bisa Anda pilih.

Patung Tembaga kuningan

Tembaga juga digunakan sebagai bahan pembuatan patung. Salah satu contoh patung yang terbuat dari bahan tembaga yaitu Patung Liberty di Amerika Serikat.

Demikian informasi lengkap tentang logam tembaga dan kuningan serta berbagai macam kreasinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *