Pernahkah anda mendengar nama rock melon? Perlu anda ketahui bahwa nama tersebut merupakan nama jenis buah melon yang mempunyai guratan menyerupai jaring-jaring berwarna hijau. Bahkan guratan tersebut terlihat jelas di bagian kulitnya. Kulit jenis buah melon ini juga memiliki tekstur yang kasar dan keras dengan ukuran buah yang cukup besar. Meskipun nama buah tersebut unik tetap rasa daging buahnya manis dan tidak membutuhkan zat pematang buah.

Budidaya jenis buah melon ini memang cukup menguntungkan karena tidak membutuhkan zat pematang. Aroma daging buah melon ini sangat harum dan segar sehingga sangat menggugah selera. Jenis buah melon ini mempunyai kelebihan lain yakni daun yang berwarna hijau meskipun buahnya telah matang. Tentunya daun yang masih berwarna hijau tersebut masih bisa dipergunakan sebagai pakan ternak.

Diperkirakan produktivitas jenis buah melon ini bisa mencapai 20-30 ton per hektar, Bahkan potensi pasar buah melon ini juga sangat bagus karena berbagai kelebihannya. Tak heran jika banyak petani yang banyak mengembangkan tanaman melon ini sebagai komoditas pertaniannya. Tentunya jenis buah melon ini memiliki kualitas yang bagus sehingga layak dijadikan sebagai produk ekspor.

Dibalik berbagai kelebihan yang dimiliki oleh buah ini, ternyata buah ini memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Dimana pada jenis melon ini yang mentah setidaknya mengandung 90% air, 0,8% protein, 8% karbohidrat, serta 0,3% lemak. Sedangkan rockmelon yang segar juga kaya akan memiliki vitamin A dan vitamin C. Kebanyakan orang mengkonsumsi buah melon ini dalam kondisi segar atau diolah menjadi jus, salad, maupun es krim.

Namun bila anda ingin mengkonsumsinya dalam kondisi segar maka anda harus mencuci lalu menggosoknya hingga menyeluruh sampai bersih. Sebab permukaan buah melon ini bisa saja mengandung bakteri yang berbahaya bagi kesehatan misalnya Salmonella. Selain itu buah ini harus didinginkan sesudah diptong lalu dikonsumsi kurang dari 3 hari supaya tidak terkontaminasi oleh bakteri patogen atau Salmonella.

Demikianlah penjelasan mengenai rock melon yang bisa menambah wawasan anda. Jenis buah melon yang satu ini memang memiliki rasa yang enak dan manis serta memiliki banyak manfaat yang bagus bagi tubuh. Namun perhatikan juga cara penyajiannya supaya buah tersebut tetap sehat dan terhindar dari berbagai jenis bakteri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *