Semua orang tentu tahu dan pernah melihat BPKP. Apa itu BPKB? Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). BPKB ini menjadi salah satu dokumen penting yang harus dimiliki ketika membeli sebuah kendaraan bermotor. Jika kendaraan yang anda beli tidak dilengkapi dengan BPKB maka anda patut mencurigai kendaraan tersebut. Kendaraan bermotor yang layak dan baik tentu dilengkapi dengan berbagai dokumen penting.

Sebagai orang yang mempunyai kendaraan bermotor sudah seharusnya anda memperhatikan berbagai dokumen pentingnya. Dokumen penting kendaraan adalah BPKB, STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan, dan beberapa surat keteyapan kewajuban pembayaran. Jika diperhatikan memang ada banyak sekali dokumen penting yang harus dimiliki sebuah kendaraan bermotor.

Sekian banyaknya dokumen penting tersebut, perlu anda tahu bahwa ada dokumen paling penting untuk dimiliki. Dokumen yang dianggap paling penting tersebut adalah BPKB. Kenapa BPKB penting? Dengan adanya BPKB ini maka anda dianggap sebagai pemilik kendaraan yang sah. Sehingga kendaraanmu tidak akan dikatakan sebagai kendaraan bodong. Kendaraan bodong ini identik dengan kendaraan curian ataupun kendaraan yang mempunyai banyak masalah. Jadi pastikan ketika membeli sebuah motor harus dilengkapi dengan BPKB.

Lalu bagaimana jika ada masalah dengan BPKB ataupun ada beberapa hal yang berhubungan dengan BPKB? Anda bisa menggunakan sebuah surat kuasa pengambilan bpkb yang akan memudahkan anda untuk menyelesaikan beberapa hal terkait dengan BPKB. Bukan kan hal sepele ketika membahas BPKB ini. Bagi anda yang belum jelas mengenai BPKB, simaklah ulasannya di bawah ini.

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Secara umum BPKB ini adalah sebuah buku yang secara resmi dikeluarkan dari kepolisian Indonesia. Buku ini secara sah akan diberikan kepada sang pemilik kendaraan tersebut. Ketika anda akan membeli sebuah kendaraan bermotor maka secara otomatis anda akan dilengkapi dengan dokumen – dokumen pentingnya. BPKB ini nantinya juga akan diserahkan kepada anda, sehingga artinya kendaraan tersebut secara sah akan menjadi milik anda.

BPKB ini mempunyai sebuah nilai yuridis. Lalu apa artinya? Nilai yuridis ini menunjukan bahwa BPKB mempunyai kekuatan hukum. Sehingga ketika terjadi sebuah masalah, BPKB ini bisa dijadikan sebagai alat bukti bagi yang bersangkutan. Tentu saja hal ini semakin menunjukan bahwa BPKB memang dokumen yang penting. Selain itu BPKB ini juga mempunyai nilai ekonomis sehingga sering kalai digadaikan untuk melakukan peminjaman uang. BPKB ini memang bisa dijadikan sebagai jamaninan yang bernilai.

Walaupun mempunyai nilai ekonomis bukan berarti menjadikan BPKB sebagai jaminan adalah hal yang benar. Pasalnya BPKB ini sangat penting sehingga harus dijaga dengan baik jangan sampai hilang. Lalu apa tujuan dan fungsi dari BPKB.

Tujuan dan Fungsi BPKB

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Sebagian informasi mengenai BPKB telah dipaparkan di atas. Mungkin dari uraian di atas anda sudah sedikit paham mengenai BPKB sendiri. Lalu tujuan dan fungsinya seperti apa? Tentu saja anda harus tahu tujuan dan fungsinya. BPKB ini memang sangat penting. Semua orang tahu bahwa BPKB ini sangat bernilai. Walaupun begitu tidak semua orang tahu tujuan dari dibuatnya BPKB dan juga fungsinya. Di bawah ini akan dijelaskan lebih detail mengenai tujuan dan fungsi dari BPKB sendiri.

Tujuan dibuat BPKB ini tidak hanya sekedar sebuah buku saja yang tidak ada artinya, melainkan buku yang mempunyai kekuatan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa BPKB tersebut mempunyai nilai yuridis, mempunyai nilai di mata hukum dan juga nilai ekonomi. Sehingga keberadaan dari BPKB ini sangatlah penting. Bahkan ketika kendaraan tidak mempunyai BPKB maka harus segera di urus.

Tujuan utama adanya BPKB ini adalah akan memudahkan dalam menciptakan ketertiban masyarakat oleh pihak penegak hukum Republik Indonesia. Hanya dengan dokumen BPKB ini maka para petugas akan lebih mudah untuk menjalankan penyelidikan yang berhububgan dengan kendaraan bermotor.

Selain itu dengan adanya BPKB ini maka orang akan lebih mudah menjaga kendaraannya. Ketika ada orang yang tidak bertanggung jawab melakukan hal yang menyimpang maka kendaraan tersebut akan terlindungi. BPKB ini bisa digunakan untuk mengetahui kendaraan yang sah terdaftar dan juga teridentifikasi kepemilikannya.

Itulah tujuan dari dibuatnya BPKB. Jika diperhatikan dari penjelasan di atas tentu anda semakin tahu dan paham bahwa BPKB ini sangat penting untuk dimiliki. Lalu fungsinya untuk apa? Fungsi utama dari BPKB adalah sebagai tanda pengenal kendaraan bermotor. Seperti halnya seseorang mempunyai KTP sebagai tanda pengenal. BPKB ini juga menjadi tanda pengenal bagi kendaraan bermotor.

Secara garis besar fungsi BPKB ini telah dijelaskan di atas. Pada dasarnya fungsi BPKB ini sangat penting, jadi pastikan kendaraan anda dilengkapi dengan BPKB agar terhindar dari berbagai masalah. Dengan mempunyai BPKB ini maka anda bisa menggunakan kendaraan bermotor anda menjadi lebih nyaman dan merasa aman.

Itulah beberapa informasi mengenai BPKB secara umu.  Bagi anda yang mempunyai kendaraan bermotor tentu pernah melihat buku yang satu ini. Mengingat ada banyak sekali manfaatnya maka sebagai pengguna bermotor anda harus menjada semua dokumen penting kendaraan anda dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *