Tak sedikit yang mengalami kegagalan dalam pengiriman berkas berbentuk file PDF, karena ternyata ukuran filenya sendiri yang terlalu besar dan dibutuhkan dengan sangat segera. Nah satu-satunya solusi adalah dengan mengecilkan ukuran file tersebut bukan? Namun sayangnya, masih banyak yang belum tahu bagaimana cara mengecilkan ukuran file PDF dengan mudah dan bisa dilakukan baik secara online ataupun offline.

Cara mengecilkan ukuran file PDF ini setidaknya harus dipahami bagi yang memang berkecimpung di dunia yang tak lepas dari file PDF. Karena tampilan PDF sendiri yang enak dipandang, sederhana, tapi tetap rapi, maka kita harus mengetahui cara compress PDF agar dapat membantu dalam pengiriman file PDF tersebut tanpa adanya kendala. Nah jika penasaran aplikasi atau situs apa saja yang bisa digunakan, yuk simak di bawah!

Aplikasi Compress File PDF

pixabay.com

Tips atau beberapa cara mengecilkan ukuran file PDF di bawah ini akan sangat berguna bagi pelajar, pelamar kerja, atau bahkan pegawai yang mengharuskan penggunaan file PDF dalam ukuran tertentu yang dikehendaki. Nah daripada penasaran, yuk berikut ini mari bahas satu persatu:

  1. Smallpdf.com

Nampaknya sudah tidak asing lagi ya mendengar Smallpdf.com ini? Situs yang satu ini memiliki beberapa kelebihan karena tak hanya bisa mengecilkan ukuran PDF, tapi juga bisa menggabungkan fie PDF, serta mengubah beberapa format file menjadi format lainnya. Nah berikut ini cara mengecilkan ukuran file PDF dengan Smallpdf.com:

  • Buka terlebih dahulu link smallpdf.com dan klik bagian ‘compress PDF’.
  • Lalu klik bagian ‘drag and drop file PDF’ yang ada dalam kotak dan pilih file PDF yang akan dikompres.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses selesai dan jangan lupa klik icon‘save’ atau bisa juga klik icon ‘Dropbox’ dan ‘Google Drive’ ya.
  1. PDFCompressor

PDFCompressor bisa dikunjungi secara online lho, tanpa perlu mengunggah terlebih dahulu aplikasinya. Situs yang mengklaim bahwa tidak akan mengubah DPInya dengan tidak menjadikan hasil pecah-pecah, akan sangat mudah untuk diikuti loh langkah-langkahnya. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka situs PDFCompressor.com dan klik bagian ‘PDF Compressor’
  • Jika sudah, kita bisa klik bagian ‘unggah file’ dan pilih file yang ingin dikecilkan ukurannya.
  • Lalu tunggu beberapa saat sampai proses mengecilkan ukuran PDF selesai.
  • Jangan lupa untuk simpan file dengan klik bagian ‘save’ ya!
  1. ILovePDF.com

Situs yang memiliki beberapa fitur lengkap karena tak hanya bisa mengecilkan ukuran PDF saja, bisa dikunjungi secara gratis lewat browser. Berikut ini langkah-langkah menggunakan ILovePDF.com:

  • Buka situs ILovePDF.com dan klik bagian compress PDF’.
  • Kemudian klik ‘select file PDF’ yang akan kita kecilkan ukurannya.
  • Ketika sudah selesai memilih file, kita akan disuguhkan dengan tiga pilihan level kompres, seperti extreme compression yang akan memberikan hasil maksimal tapi kualitas akan menurun, recomended compression yang mana hasil kompres dan kualitas akan seimbang, dan less compression dnegan memberikan hasil kompres minimal tapi kualitas dile tetap tinggi.
  • Jika sudah memilih satu dari ketiga opsi tersebut, klik ‘compress PDF’ dan proses mengecilkan ukuran PDF pun akan berjalan.
  • Ketika proses selesai, klik ‘download compress PDF’ jika ternyata file tersebut tidak secara langsung tersimpan.
pixabay.com
  1. Orpalis PDF Reducer

Meski hanya dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran file PDF, tapi Orpalis PDF Reducer ini akan memberikan hasil yang maksimal untuk file PDFmu. Yuk simak langkah-langkahnya:

  • Unggah terlebih dahulu jika belum memiliki aplikasinya.
  • Jika sudah, buka aplikasi dan klik tombol ‘…’ pada bagian ‘source’ dan cari file yang akan dikompres.
  • Kalau sudah memilih file yang akan dikompres, kemudian klik ‘destination’ untuk menentukan ruang penyimpanan file PDF yang telah dikompres.
  • Untuk memulai proses mengecilkan, klik ‘start batch’ dan tunggu sekejap sampai proses selesai.
  1. Adobe Acrobat

Aplikasi yang sudah tersedia di setiap PC ini, ternyata memiliki banyak fungsi loh di dalamnya, seperti mengecilkan ukuran file PDF. Saat membuka file dengan format PDF pun banyak yang menggunakan aplikasi keluaran Adobe ini untuk membukanya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkah mengecilkan file PDF dengan Adobe Acrobat:

  • Buka aplikasi Adobe Acrobat.
  • Kemudian buka file PDF yang akan kita kompres dengan cara klik ‘file’ – ‘save as other’ – ‘reduced size PDF’.
  • Jika sudah klik ‘retain existing’ dan klik ‘ok’ pada pilihan ‘make compatible with’.
  • Nah lalu tinggal pilih di mana kamu akan menyimpan file tersebut, lalu klik ‘save’.

Sangat mudah dan murah bukan cara mengecilkan ukuran file PDF secara online dan offline? Jangan lupa setelah menyimpan file PDF yang telah melalui tahap kompres dicek kembali ya, apakah tulisan atau gambarnya pecah atau tidak. Nah semoga beberapa aplikasi dan langkah-langkah di atas sangat membantu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *