Jika Anda belum terlampau mengenali mangga keong mungkin Anda lebih familiar dengan nama mangga okyong. Ya, kedua jenis mangga ini merupakan mangga yang sama. Jenis mangga keong lebih banyak ditemui didaerah Nganjuk, Jawa Timur. Jenis mangga ini adalah paling banyak kedua yang ditanam oleh para petani setelah mangga jenis harum manis. Lalu apa keistimewaan mangga keong ini?

 

Kelebihan Mangga Keong

Mangga keong ini dapat menghasilkan buah 2 hingga 3 kali dalam setahun sehingga para penikmat mangga dapat mencicipi enaknya mangga ini. Mangga ini beraroma harum dan menawarkan rasa manis terlebih lagi jika mangga keong matang di pohon. Selain itu, jenis mangga ini dapat ditanam baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi.

 

Budidaya Mangga Keong

Bagi Anda yang tidak memiliki pekarangan luas, budidaya tanaman mangga jenis keong ini dapat dilakukan didalam pot. Berikut caranya:

  1. Pembibitan Mangga keong

Untuk menghasilkan pohon mangga keong yang berkualitas, para petani lebih sering melakukan okulasi dibanding pembibitan jenis lainnya. Pembiakan dengan cara okulasi sudah terbukti lebih cepat menghasilkan buah dibandingkan pembiakan dengan cara biji. Sebagian petani juga melakukan pencangkokan pada indukan yang produktif untuk menghasilkan mangga keong yang memiliki kualitas yang sama dengan indukannya.

 

  1. Penanaman Mangga keong

Jika Anda memiliki bibit mangga keong dalam polibag, sebelum Anda menanamnya dalam media tanah, pastikan bahwa lubang tanam telah diberi pupuk. Selanjutnya, Anda sobek polibag perlahan untuk menghindari rusaknya akar. Kemudian, tanam dan padatkan tanah. Setelah itu, siram dengan air secukupnya.

 

  1. Perawatan Mangga keong

Penyiraman rutin dua kali sehari yakni pada pagi dan sore hari akan membuat pohon mangga keong lebih subur. Untuk pemupukan, Anda dapat melakukannya setiap minimal sebulan sekali atau dua minggu sekali. Pangkas cabang yang terlihat lebat agar buah lebih cepat dihasilkan.

 

Begitulah cara menghasilkan buah mangga keong yang manis dan nikmat. Jika Anda tidak mengenali mangga keong, masyarakat lebih banyak menyebutnya dengan nama mangga okyong.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *