Seorang umat muslim yang rindu pada sang nabi akan selalu bersholawat untuk menghilangkan kerinduan pada nabi Muhammad Saw. Kerinduan umat muslim ini sangat lumrah mengingat betapa agung dan besarnya nabi Muhammad. Dengan makin majunya zaman dan teknologi saat ini membuat berbagai hal mulai dipermudah. Akan tetapi dengan makin mudahnya segala hal membuat masyarakat atau umat muslim menjadi lupa untuk melafalkan shalawat-shalawat tersebut. Selain karena tidak memiliki waktu khusus banyak masyarakat yang juga tidak hafal berbagi lafaz shalawat. Akan tetapi kini dengan makin berkembangnya zaman dan teknologi membuat banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh umat muslim untuk semakin dekat dengan Allah ketika merindukan nabi Muhammad. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi download lagu. Dengan menggunakan aplikasi ini para umat muslim atau masyarakat dapat secara mudah mendownload berbagai macam sholawat yang nantinya dapat digunakan atau diputar ketika waktu-waktu tertentu. Salah satu sholawat yang cukup banyak dilafalkan atau digaungkan oleh umat muslim di seluruh dunia adalah sholawat Kamilah. Sholawat ini tidak berbeda dengan sholawat lain akan tetapi keutamaan dan keistimewaan dari sholawat ini. Berbagai keistimewaan dapat dimiliki oleh umat muslim yang menggaungkan sholawat ini secara rutin. Berbagai keistimewaan dan juga keutamaan ini akan dirasakan oleh umat muslim yang selalu setia merindukan nabi besar Muhammad Saw.

Pengertian Shalawat Kamilah

Bagi beberapa orang selain hanya membaca saja banyak orang yang ingin memahami secara teliti dan mengerti secara langsung pengertian dari shalawat Kamilah. Menurut beberapa catatan shalawat Kamilah memiliki beberapa pengertian yang berbeda sehingga beberapa orang harus memahami untuk dapat mengerti secara langsung tentang shalawat ini. Berikut beberapa pengertian tentang shalawat :

  1. Menurut bahasa

Menurut bahasa arti dari shalawat adalah sholat. Hal ini karena Kamilah berasal dari dua kata berbentuk jamak yaitu shala. Secara bahasa shalawat adalah doa yang diagungkan untuk memuji nabi Muhammad Saw.

  1. Menurut istilah

Sedangkan menurut istilah arti kata shalawat adalah pujian pada rosul atau nabi Allah. Sama halnya dengan pengertian menurut bahasa maka menurut istilah kata shalawat juga merupakan kata pujian untuk rasul atau nabi Muhammad Saw.

Berbagai istilah ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk memuji kehadiran nabi besar Muhammad Saw. Semua isi dari shalawat terutama dari shalawat Kamilah adalah untuk memuji segala bentuk keagungan nabi Muhammad dan juga segala hal yang menjadikan Muhammad sebagai salah satu nabi yang paling dirindukan oleh umat muslim. Umat muslim memakai shalawat ini untuk menyampaikan rasa rindu mereka pada nabi Muhammad yang telah lama meninggalkan mereka. Dengan membaca shalawat ini banyak keutamaan dan manfaat yang dapat dimiliki oleh masyarakat atau umat muslim.

Keutamaan Membaca Shalawat Kamilah

Sebagai salah satu shalawat yang memiliki banyak sekali keistimewaan, shalawat Kamilah memiliki cukup banyak keutamaan bagi para pembacanya. Berikut beberapa keutamaan membaca shalawat Kamilah bagi umat muslim:

  1. Doa terkabul

Salah satu keutamaan ketika membaca shalawat Kamilah adalah doa-doa yang diucapkan oleh para umat muslim akan terkabul. Doa yang diijabah atau dikabulkan oleh Tuhan adalah hal yang diinginkan oleh setiap orang. Dengan membaca shalawat Kamilah ini secara teratur maka umat muslim akan memiliki kesempatan untuk doanya agar bisa terkabul. Doa umat muslim akan lebih banyak terkabul jika menggaungkan shalawat ini secara rutin.

  1. Dimudahkan pekerjaan

Keutamaan yang kedua adalah para umat muslim yang rutin membaca shalawat Kamilah akan selalu dimudahkan dalam segala hal yang berurusan dengan pekerjaan. Para umat muslim yang selalu rutin menggaungkan shalawat ini akan mendapatkan kemudahan disemua jenis pekerjaan yang dilakukan dan akan mudah untuk menyelesaikan segala pekerjaan yang dia miliki. Segala bentuk pekerjaan akan semakin mudah jika umat muslim membaca shalawat ini setiap hari sebelum berangkat bekerja.

  1. Terhindar dari bahaya

Keutamaan yang selanjutnya adalah umat muslim akan terhindar dari bahaya. Segala jenis bahaya dapat mengintai siapa saja. Hal ini lah yang harus diwasapadai oleh para umat muslim ataupun siapa saja. Bahaya di rumah, di jalan hingga di tempat kerja terkadang tidak dapat dihindari. Dengan membaca shalawat ini secara rutin setiap hari maka umat muslim akan terhindar dari marabahaya dan dijauhkan dari segala bentuk bahaya yang bisa terjadi kapan saja.

  1. Mempermudah rejeki

Selain itu masyarakat atau umat muslim yang secara rutin membaca shalawat akan mendapat keutamaan mempermudah rejeki. Rejeki para penggaung shalawat ini akan semakin dipermudah. Membaca shalawat ini sebelum bekerja atau melakukan segala sesuatu akan membuat rejeki yang dimiliki oleh pembaca shalawat mengalir dengan lancar dan dapat dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih baik.

  1. Agar terpenuhi hajat dunia akhirat

Yang terlahir adalah akan lebih mudah mewujudkan hajad dunia dan akhirat. Para pembaca shalawat ini biasanya akan lebih mudah untuk memenuhi hajat atau keinginan mereka. Tak hanya untuk hajat dunia saja akan tetapi juga hajat untuk kehidupan akhirat. Hajat dunia ini biasanya meliputi berbagai keinginan yang dimiliki oleh seseorang sedangkan hajat akhirat adalah keinginan untuk dipermudah ketika masa hisab tiba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *