Dewasa ini, banyak sekali anggapan bermunculan mengenai bagaimana cara mengatur keuangan dan kebutuhan biaya hidup dalam rumah tangga. Banyak pendapat mengatakan bahwa kebutuhan rumah tangga akan tercukupi bila income yang masuk tidak hanya berasal dari salah satu anggota keluarga saja, melainkan seluruh anggota yang ada di dalam ruang lingkup keluarga.

Anggapan di atas memang tidak salah, akan tetapi bisa di luruskan, dalam artian tidak harus anggota keluarga seperti anak – anak harus di paksa bekerja sedangkan usia mereka masih dalam usia belajar dan memenuhi kriteria umur untuk bekerja secara mandiri. Tentu tidaklah mudah jika hanya ada salah satu anggota keluarga saja yang bekerja memenuhi kebutuhan wajib bulanan rumah tangga. Di butuhkan setidaknya bantuan untuk memanage atau mengatur cash flow baik income maupun outcome.

Di beberapa negara maju, bahkan hanya membutuhkan satu anggota keluarga saja yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan bulanan suatu keluarga tanpa harus memaksa semua anggota keluarga untuk bekerja. Lalu bagaimana caranya? Adalah manajemen keunagan yang sehat yang harus di terapkan di dalam suatu perekonomian keluarga.

Salah satu caranya adalah mengatur pembagian pengeluaran untuk kebutuhan baik dalam skala mingguan, bulanan maupun tahunan. Beberapa keluarga di negara maju cenderung memprioritaskan kebutuhan wajib bulanan rumah tangga ketimbang berfokus pada biaya pengeluaran yang tidak harus di keluarkan. Mereka lebih memilih untuk fokus pada kebutuhan wajib bulanan agar terpenuhi terlebih dahulu daripada harus membagi beberapa kebutuhan yang pada dasarnya bukanlah kebutuhan wajib.

Beberapa Kebutuhan Bulanan Wajib Rumah Tangga Yang Harus Di Penuhi

pixabay.com

Di dalam artikel ini, akan di berikan informasi beberapa kebutuhan bulanan wajib rumah tangga yang harus di penuhi oleh suatu rumah tangga guna membantu mereka mendapatkan financial freedom di dalam kehidupan rumah tangganya, adalah sebagai berikut:

  1. Bahan Makanan

Bahan makanan merupakan kebutuhan paling utama yang sejatinya di butuhkan oleh manusia. Melalui kebutuhan bahan makanan, suatu rumah tangga dapat menghemat biaya pengeluaran konsumsi mereka setiap harinya. Jika dalam rumah tangga tidak terdapat banyak bahan makanan di dapurnya, tentu hal ini di rasa akan sangat mempengaruhi cash flow outcome suatu rumah tangga, karena mereka harus membeli makanan di luar rumah dengan biaya yang lebih mahal jika di bandingkan membuat makanan sendiri.

  1. Biaya Listrik

Tidak di ragukana lagi bahwa biaya listrik merupakan salah satu instrument penting yang biasa di gunakan dalam suatu rumah tangga. Tanpa adanya listrik, tentu akan sangat mengganggu kehidupan dan produktivitas seluruh anggota keluarga dalam kaitanya memenuhi kebutuhanya sehari – hari. Di tambah lagi jika tidak ada listrik tentu akan sangat menyengsarakan kehidupan seluruh anggota keluarga.

  1. Biaya Air

Salah satu instrumen penting yang harus di cermati oleh anggota keluarga adalah air. Tanpa air kehidupan pun akan terasa sulit karena kebutuhan air merupakan kebutuhan yang harus dan wajib untuk di butuhkan dan di gunakan oleh suatu rumah tangga dalam kaitanya untuk kehidupan mereka. Oleh karena itu, suatu rumah tangga wajib untuk memasukan list biaya air dalam anggaran yang harus di keluarkan perbulanya.

pixabay.com
  1. Perabotan Rumah

Kebutuhan selanjutnya adalah kebutuhan yang bersifat sebagai pelengkap. Salah sau contohnya adalah kebutuhan yang mengcover perabotan rumah. Bayangkan jika anda memiliki rumah tanpa ada satupun perabotan di dalam rumah anda, tentu ini akan sangat mengerikan bukan? Oleh karena itu, melalukan perencanaan anggaran untuk membeli beberapa perabotan dirasa perlu di lakukan guna membangun keluarga yang baik.

  1. Kebutuhan Pelengkap

Terakhir adalah tentang kebutuhan pelengkap yang dirasa perlu di atur dan di buatkan anggaranya oleh suatu keluarga guna membantu mereka terhindar dari masalah yang bersifat mendesak. Salah satu contoh kebutuhan yang mendesak dan sejatinya penting untuk di jadikan opsi kebutuhan primer adalah tentang kebutuhan penggunaan pulsa dan paket data internet. Karena mengacu pada industri 4.0 sekarang, suatu keluarga sejaitnya memerlukan informasi yang up to date guna membantu mereka beradaptasi dengan industri dunia yang baru ini. Kebutuhan pulsa maupun paket data dirasa penting juga untuk membantu keluarga agar senantiasa terkoneksi satu sama lain. Pastikan untuk membeli pulsa murah untuk menghemat pengeluaran.

Berikut di atas adalah beberapa kebutuhan bulanan wajib rumah tangga yang harus di cermati oleh para anggota keluarga guna membantu mereka terhindar dari masalah financial dan sebagainya. Memang masih banyak faktor atau poin yang lain yang tidak kalah penting, namu kelima poin di atas di rasa sudah cukup mewakili beberapa poin yang tidak tercantum di atas sebagai acuan suatu rumah tangga dalam mengatur kebutuhanya.

Hal lain yang perlu di perhatikan juga, adalah tentang perbedaan income. Kelima poin di atas sejatinya sudah merepresentasikan kebutuhan secara general yang biasanya di butuhkan oleh anggota keluarga akan tetapi kembali ke perbedaan income. Jika memilki income yang kecil, sebaiknya suatu rumah tangga tidak terlalu memfokuskan poin kelima karena di rasa tidak akan banyak membantu jalanya suatu hubungan keluarga terhadap kebutuhan bulanan wajibnya. Untuk itu, sebagai anggota keluarga, anda harus pandai mengatur cash flow baik income maupun outcome.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *