Kata pengantar adalah sepatah kata yang di ucapkan penulis perihal dengan karya tulis yang telah ia susun. Kata pengantar secara umum terdiri dari tiga bagian utama yaitu pembuka, isi dan juga penutup.

Dalam penulisan kata pengantar terdiri dari ungkapan rasa syukur kepada tuhan YME, penjelasan singkat mengenai tulisa, ucapan terima kasih dan harapan serta kebersediaan penulis menerima kritik dan saran.

Ada banyak dokumen atau karya tulis yang harus di bubuhi dengan kata pengantar. Salah satu karya tulis yang wajib terdapat kata pengantar di dalam naskah tersebut adalah laporan praktikum.

Pengertian laporan praktikum

Laporan praktikum memiliki arti sebuah karya tulis yang berisi penjelasan mengenai data dari hasil percobaan atau observasi terhadap suatu hal secara mendalam, sistematis dan fakta.

Jenis Laporan praktikum ada banyak sekali. Salah satunya adalah laporan praktikum yang di buat oleh siswa sekolah SMK setelah mengikuti praktek kerja lapangan atau PKL.

Kata pengantar dalam Laporan Praktikum

Kata pengantar di dalam sebuah naskah laporan praktikum memiliki peran tersendiri. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan peran dari kata pengantar di dalam sebuah naskah laporan praktikum. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini.

  1. Kata pengantar dalam laporan praktikum berfungsi sebagai landasan dasar dibuatnya laporan.
  2. Kata pengantar dalam laporan praktikum berfungsi sebagai pembuka dan sambutan dari penulis terhadap karya laporan yang di buatnya.
  3. Kata pengantar dalam laporan praktikum berfungsi sebagai ungkapan rasa syukur penulis karena bisa menyelesaikan tugas laporan tersebut tepat waktu.
  4. Kata pengantar dalam laporan praktikum berfungsi sebagai penjelasan singkat mengenai isi topik dari karya laporan tersebut.
  5. Kata pengantar dalam laporan praktikum berfungsi sebagai penjelasan kapan laporan praktikum tersebut mulai di kerjakan dan selesai di kerjakan.
  6. Kata pengantar dalam laporan praktikum berfungsi sebagai ucapan terima kasih dari penulis kepada berbagai pihak yang ada kaitan dengan penulisan laporan tersebut.
  7. Kata pengantar dalam laporan praktikum berfungsi sebagai ungkapan harapan penulis dari karya tulis yang telah di buatnya.

Itulah beberapa fungsi dari kata pengantar pada sebuah karya tulis laporan praktikum. Jadi, peran kata pengantar tidak bisa serta merta di pandang sebelah mata.

Memang, terkadang kata pengantar tidak begitu di perhatikan oleh pembaca. Namun tanpa ada kata pengantar dalam laporan praktikum tersebut maka tidak sah karya yang telah di tulis.

stocksnap.io

Contoh kata pengantar laporan praktikum

Berikut ini kami akan sajikan beberapa contoh singkat perihal kata pengantar di dalam sebuah karya tulis laporan praktikum. Simak beberapa contoh kata pengantar di bawah ini.

Contoh kata pengantar 1

Segala puji kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia NYA sehingga Laporan Praktikum Bahasa dan Sastra ini bisa terselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Laporan ini kami susun sebagai bagian dari tugas mata kuliah Bahasa dan Sastra.

Dalam penyusunan laporan praktikum ini, tidak mungkin bisa selesai tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak, baik berorangan atau organisasi. Kami hendak mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Bapak Ahmad S.pd, selaku dosen pengampu mata kuliah Bahasa dan Sastra.

Seluruh pihak yang terlibat baik itu orang tua, sahabat dan teman dekat, saudara dan kerabat serta pihak-pihak lain yang tidak bisa kami sebut satu persatu.

Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan praktikum ini belum bisa di katakan sempurna dan masih terlampau banyak kekurangan. Menyadari hal tersebut, kami bersedia menerima kritik dan saran sebagai acuan untuk kedepan lebih baik lagi. Akhir kata, semoga laporan praktikum ini bisa bermanfaat bagi kami selaku penyusun dan bagi pihak lain yang membaca laporan praktikum ini.

Purwokerto, 29 Januari 2019

Tim Penyusun

stocksnap.io

Contoh kata pengantar 2

Puji syukur tak henti kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan karunia NYA sehingga kami bisa menyelesaikan laporan praktikum ini dengan baik dan tepat waktu. Adapun tujuan disusunnya laporan ini adalah sebagai syarat untuk memenuhi tugas Praktek Kerja Lapangan atau PKL.

Tanpa pihak-pihak yang bersangkutan, tidak mungkin laporan ini bisa selesai dengan baik dan tepat waktu. Maka dari itu, kami mengucapkan beribu terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu kamu dalam membimbing dan menyusun laporan praktikum ini. Kami ucapkan terima kasih secara khusus kepada :

  1. Bapak Lutfi S.kom selaku guru pengajar Multimedia.
  2. Ibu Alfiaturahmaniah selaku guru pembimbing laporan.
  3. Orang tua, kerabat, sahabat, dan semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu disini.

Karena keterbatas pengetahuan, pengalaman dan kemampuan, maka laporan ini tidak bisa di katakan sempurna dan masih terlampau banyak kekurangan. Menyadari hal itu, kami sangat terbuka untuk menerima kritik dan saran supaya kami bisa lebih baik lagi kedepan nya. Akhir kata, semoga karya tulis laporan praktikum ini bisa bermanfaat bagi kami selaku penyusun serta bagi semua orang yang membaca nya.

Purwokerto, 20 Juli 2019

Tim Penyusun

Nah itulah sekilas mengenai kata pengantar dalam susunan laporan praktikum beserta dengan beberapa contoh penulisan kata pengantar laporan praktikum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *