Kabupaten Samosir merupakan kabupaten yang belum lama berdiri yaitu di bentuk pada tahun 2003 melalui hasil pemekaran dari kabupaten Toba Samosir, pemekaran kabupaten toba samosir menjadi kabupaten samosir dan kabupaten serdang bedagai merupakan salah satu langkah untuk memulai percepatan pembangunan agar pembangunan lebih merata di semua wilayah.

Tentang Kabupaten Samosir

Saat ini kabupaten samosir di pimpin oleh bupati Rapidin simbolon yang sudah menjabat sejak tahun 2015, kabupaten samosir memiliki 9 kecamatan yaitu 6 kecamatan berada di pulau samosir serta 3 kecamatan lainnya berada di lingkar luar danau toba atau tepatnya di punggung pegunungan bukit.

Lokasi

Letak geografis kabupaten samosir berada di wilayah yang di apit oleh 7 kabupaten dan kabupaten samosir sendiri memiliki 10 buah sungai yang semuanya bermuara ke dananu toba. Keberadaan sungai ini sangat bermanfaat bagi warganya yang sebagian besar merupakan petani sehingga kebutuhan air untuk pertanian dapat terpenuhi dengan aliran-aliran sungai tersebut.

Total penduduk kabupaten samosir pada sensus penduduk terakhir pada tahun 2017 adalah 125.099 jiwa yang tersebar luas di beberapa kecematan dan kecamatan dengan jumlah penduduk tertinggi adalah kecamatan Pangururan.

Pariwisata

Pariwisata kabupaten samosir juga menjadi salah satu unggulan dan komoditas utama disamping pertanian, karena lokasinya yang berada di tengah-tengah danau toba maka kabupaten samosir memiliki pemandangan yang indah jika di lihat dari sudut manapun.

Banyak sekali objek wisata yang ada di kabupaten samosir atau pulau samosir dan semuanya merupakan wisata alam yang sejuk dan hijau yang sangat cocok untuk anda yang ingin melepas penat. Disamping wisata alam, pulau samosir juga menyimpan wisata lain yang unik seperti wisata adat dan budaya, wisata belanja tradisional serta wisata kuliner khas samosir.

Untuk menuju ke pulau samosir anda hanya bisa menggunakan jalur darat dan menyambung kapal ferry untuk menuju ke tengah pulau, jika anda dari medan maupun kualanamu maka carilah bus jurusan danau toba, setelah itu anda cukup menyebrang ke pulau samosir menggunakan ferry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *