Kadal pohon terkadang disalah pahami oleh banyak orang. Banyak orang menyebutnya sebagai kadal kebun. Padahal, ini tidak sepenuhnya benar.

Kadal ini memiliki ciri-ciri khusus. Panjangnya hanya sekitar 29 cm. Memiliki varian warna pada tubuhnya.

Pada bagian punggung berwarna cokelat gelap. Sementara pada bagian bawah berwarna hijau keputihan bercampur kuning. Membuat paduan warnanya semakin menarik.

Yang perlu diketahui bahwa kadal ini kebanyakan waktunya dihabiskan di atas pohon. Kalaupun ditemukan di tanah, itu hanya sebatas ingin berpindah ke pohon lainnya.

Untuk makanannya sendiri berupa laba-laba kecil. Biasanya, hewan ini akan mencari makanannya di siang hari. Tetapi bila malam tiba, kadal ini akan menghabiskan waktunya untuk bersembunyi.

Kadal ini terbilang cukup cepat perkembangannya. Hewan kecil ini bertelur 4 kali dalam setahun. Dan setiap kali bertelur, indukan betina bisa menelurkan sekitar 6-14 butir.

Kawasan yang banyak dijadikan tempat hidupnya adalah Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan beberapa kawasan di Asia Tenggara. Dengan kata lain, kadal ini beradaptasi dengan baik di iklim tropis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *