Pernahkah anda berfikir, jauh diatas sana. Terdapat sebuah tempat yang diluar pikiran kita dan diluar jangkauan kita. Tempat tersebut terletak sangat jauh dari tempat saat dimana kita berdiri ini. Tempat tersebut dinamakan tata surya, tata surya memiliki ukuran yang sangat besar.

Tata surya selalu menyimpan banyak misteri untuk kita gali dan temukan kebenarannya. Bagi sebagian orang belajar tentang astronomi sangatlah menyenangkan. Karena pada hakikatnya kita sebenarnya juga bagian dari tata surya  tersebut.

Ilmu tersebut dikumpulkan dan dipelajari dalam suatu disiplin ilmu yang bernama astronomi. Secara definisi, astronomi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pengamatan benda benda langit (bintang, komet, nebula, planet, galaksi dll) dan fenomena alam yang ada di luar bumi khususnya diluar atmosfer seperti radiasi kosmik maupun radiasi CMB.

Ilmu astronomi juga belajar tentang sisi yang berbeda dari berbagai benda langit. Hal yang dipelajari bisa berupa asalnya, sifatnya baik kimia maupun fisika, meteorologi, gerakan benda benda langit hingga menjawab pertanyaan bagaimana penjelasan tentang pembentukan dan proses alam semesta ini.

Salah satu yang unik dari astronomi yaitu diklaim sebagai ilmu yang tertua. Hal ini di ditunjukan dari artefak astronomi yang ada di zaman prasejarah. Salah satunya adalah monumen Mesir, Nubia hingga Stonehenge yang ada di Inggris.

Bahkan pengamatan metodologis di langit malam juga sudah ada sejak dahulu oleh para bangsa Babel, Yunani, India, maya hingga cina. Ilmu astronomi semakin berkembang menjadi bagian ilmu modern sejak ditemukannya sebuah alat yang dinamakan teleskop.

Macam – macam Astronomi

pexels.com

Dikutip dari Pintarnesia.com, aeperti disiplin ilmu yang lainnya, astronomi juga memiliki dibagi dalam berbagai macam. Pembagian astronomi ini meliputi

Astronomi observasional

Seperti namanya astronomi observasional berarti mengamati benda benda langit. Astronomi membutuhkan informasi yang cukup banyak dari cara observasi ini. Salah satu sumber pencari informasi dari astronomi adalah dengan menggunakan radiasi elektromagnetik. Spektrum Elektromagnetik yang diamati dapat membagi penyebaran pengamatan astronomi.

Dalam proses observasi sebagian spektrum hanya bisa dicapai dalam ketinggian tertentu, bagian lainnya hanya bisa dilihat dari ruang angkasa dan spektrum lainnya bisa diamati lewat permukaan bumi. Pembagian astronomi observasional antara lain

Astronomi radio

Astronomi radio merupakan jenis astronomi yang mengamati tata surya dengan mengamati radiasi dengan panjang gelombang sekitar lenih dari satu milimeter.  Yaang membedakan observasional astronomi dengan gelombang radio dengan yang lain yaitu pada observasional gelombang radio diperlakukan sebagai gelombang sendiri bukan berupa foto diskrit. Hal ini yang membuat dalam mengukur fase san amplitudo relatif jadi lebih mudah daripada mengukur panjang gelombang yang pendek.

Astronomi inframerah

Seperti namanya astronomi ini menggunakan deteksi radiasi inframerah sebagai media pengamatannya. Sinar inframerah bisa di trima dan diserap oleh atmosferBumi. Di bumi, radiasi inframerah yang digunakan di observatorium akan lebih mudah jika dilakukan di tempat yang tinggi. Atau jika ingin lebih mudah, observatorium bisa dibangun di ruang angkasa.

Astronomi optikal

Astronomi optikal merupakan astronomi observasional yang menggunakan media sinar tampak. Sehingga dalam pengamatannya jadi lebih mudah dilakukan oleh mata telanjang. Kita tidak membutuhkan peralatan khusus untuk melakukan observasi. Astronomi optikal mulai dikenal sejak abad ke 19 dengan menggunakan media penggambaran tangan manual. Akan tetapi satu abad kemudian gambar bisa dilakukan dengan teknik fotografi.

Astronomi ultraungu

Astronomi Ultra ungu merupakan observasi yang menggunakan teknologi radiasi elektromagnetik berupa sinar uv atau ultraviolet yang memiliki panjang gelombang sekitar 100 hingga 3 200 Amstrong. Panjang gelombang ini diamati dari lapisan atas atmosfer. Tipe astronomi ini sangat cocok untuk mempelajari garis emisi spektral bintang suhu tinggi atau bintang biru serta mempelajari radiasi termal.

Astronomi sinar-X

Beberapa benda mampu memancarkan cahaya dari sinar x ini dengan menggunakan bantuan emisi sinkrotron. Emisi sinkrotron merupakan emisi yang berasal dari elektro yang berputar di sekitar medan magnet. Selain itu bisa juga menggunakan gas padat termal dan gas encer. Dalam.melakukan pengamatan menggunakan sinar x biasanya dilakukan di atas balon roket atau di satelit penelitian. Sumbe daya sinar x didapatkan dari benda benda alami seperti x rabu syarat binary, sisa supernova, galaksi elips,inti galaksi aktif, pulsar dll.

Astronomi sinar-gamma

Pengamatan dengan sinar gamma biasanya dilakukan secara langsung di satelit CGRO atau Compton Gamma Ray Observatory selain itu and ajukan bisa mengamatinya menggunakan teleskop IACT atau Cherenkov teleskop. Dengan menggunakan bantuan teleskop maka kita bisa mendeteksi peecikancahaya tampak dari penyerapan gamma oleh atmosfer meski tidak bisa mendeteksi sinar gamma.

Cabang-cabang Astronomi Secara Spesifik

pexels.com

Astronomi surya

Astronomi surya merupakan cabang astronomi yang mempelajari matahari. Matahari merupakan salah satu bintang yang  sangat berperan bagi bumi. Ilmu ini mempelajari tentang proses dan aktivitas yang ada dimarahin mulai dari perubahan cahaya dari sunspot hingga fluktuasi jumlah bintik matahari.

Ilmu keplanetan

Ilmu ini mempelajari tentang susunan benda benda luar angkasa mulai dari bulan, planet asteroid dan benda benda kecil lainnya. Dalam melakukan observasi biasanya menggunakan media teleskop atau pesawat ruang angkasa.

Astronomi bintang

Astronomi bintang mempelajari tentang aktivitas bintang mulai dari pembentukannya seperti nebula hingga proses hingga ledakannnya.

Astronomi galaksi

Astronomi galaksi mempelajari susunan tata surya dalam galaksi spiral. Galaksi yang difokuskan adalah galaksi Bima Sakti.

Astronomi ekstragalaksi

Astronomi ekstragalaksi ini lebih fokus  mempelajari galaksi yang ada di luar dari galaksi bimasakti.

Kosmologi

Kosmologi merupakan ilmu astronomi yang sangat luas karena mempelajari alam semesta secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *