Pernahkah kalian memakan santapan ikan pindang? Jenis olahan makanan yang satu ini seolah sudah sangat familiar di lidah orang Indonesia. Jenis santapan makanan yang satu ini memang sangat mudah untuk dibuat, dengan berbagai jenis ikan yang bisa diolah menggunakan bumbu pindang.

Bagi orang Indonesia sendiri, ikan pindang merupakan jenis ikan yang diolah dengan menggunakan racikan bumbu-bumbu tertentu. Nah, agar bisa membuat olahan ikan pindang terbaik, anda harus mengetahui berbagai jenis ikan yang bisa diolah dengan menggunakan bumbu tersebut. Berikut ini diantaranya.

Jenis Ikan Yang Diolah Dengan Bumbu Pindang

Pindang merupakan jenis pengolahan masakan khas Indonesia yang dilakukan dengan cara merebus dan menggarami ikan yang telah dipersiapkan. Bumbu ini sangat lezat dan menjadi makanan favorit orang Indonesia. Berikut ini berbagai jenis ikan yang sangat lezat jika diberi bumbu pindang :

  1. Ikan tongkol (Euthynnus affinis)

Ikan tongkol merupakan jenis ikan yang sangat mudah ditemui di perairan Indensia. Bentuk tubuhnya memanjang dengan bagian perut yng padat. Ikan yang satu ini memiliki tekstur daging yang renyah dan sangat cocok jika diberi aplikasi bumbu pindang.

  1. Ikan patin (Pangasius)

Selain ikan tongkol, ikan patin juga merupakan jenis ikan yang sangat lezat jika diberi aplikasi bumbu pindang. Tekstur dari daging ikan patin lebih lembut dan empuk daripada ikan tongkol. Dengan teknik penggaraman yang pas, jenis ikan yang satu ini akan menjadi santapan lezat di meja makan.

  1. Ikan tenggiri (Scomberomorini)

Ikan tenggiri merupakan jenis ikan yang sangat terkenal ntuk dijadikan olahan bumbu pindang. Ikan yang satu ini masih memiliki hubungan kerabat dengan ikan mackerel serta ikan tuna. Sehingga tidak heran dagingnya sangat beraroma khas dan enak dijadikan olahan makanan seperti pindang, pempek, dan lain sebagainya.

  1. Ikan bawal (Bramidae)

Ikan bawal sangat cocok dijadikan teman makan sehari-hari. Ikan yang satu ini sudah sangat sering dijadikan ikan olahan menu makanan yang lezat dan bernilai gizi tinggi. Ikan bawal memiliki rasa daging yang sangat lezat dan padat, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai olahan pindang.

Nah, dari berbagai jenis ikan yang coock untuk olahan ikan pindang, semuanya memiliki rasa yang lezat dan tak tertandingi. Selain lezat, ikan-ikan di atas juga memiliki nilai gizi yang tinggi sehingga sangat direkomendasikan sebagai menu makanan sehari-hari. Yang manakah favorit kalian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *