Mengemban ilmu di kota Pontianak dapat menjadi pilihan, melihat banyaknya lembaga pendidikan tinggi di kota khatulistiwa ini. Dari banyaknya instansi pendidikan, IAIN adalah salah satu kampus yang mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan bermanfaat bagi bangsa dan kemanusiaan. Untuk lebih jelasnya yuk simak kampus islam pertama di Kalimantan Barat, IAIN Pontianak berikut.

IAIN, Institut Pontianak Islam Negeri Pertama di Kalbar

Awal mulanya, IAIN merupakan sebuah yayasan yang bernama yayasan SADAR dan diketuai oleh A. Muin Sanusi, bapak Walikota Pontianak saat itu. Dalam yayasan tersebut, aparatur pemerintah daerah serta masyarakat Kalimantan Barat bekerja sama untuk membangun sebuah lembaga pendidikan tinggi agama Islam.

Tempatnya pada juli tahun 1965, yayasan SADAR membuat sebuah fakultas Tarbiyah di Pontianak dan fakultas Ushuludding di Singkawang. Dimana fakultas tersebut nantinya akan berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri, atau STAIN Pontianak pada tahun 1997.Penataan infra struktur STAIN membutuhkan waktu yang cukup lama, oleh karena itu dari awal STAIN telah mengedepankan prinsip dinamisme dan fleksibelitas  dalam pengelolaan lembaganya.

Selanjutnya pada tahun 2013, STAIN Pontianak membuat sebuah sejarah baru, dengan merubah statusnya menjadi Institut Agama Islam Negeri atau IAIN yang kini kita kenal. Pengubahan serta pengembangan STAIN Pontianak menjadi IAIN Pontianak pun mendapat dukungan dari Walikota Pontianak yaitu Sutarmidji, S.H., M.Hum, yang memberikan bantuan penyediaan tanah.

pickupimage.com

IAIN Berikan Fasilitas Lengkap Untuk Mahasiswa

Seperti namanya yaitu Institut Agama Islam Negeri, kampus ini pun telah memberikan fasilitas untuk para mahasiswa yang ingin praktik qira’ah. Kampus Islam pertama di Kalbar ini memiliki sebuah gedung khusus untuk praktik qira’ah, serta untuk beribadah. Sehingga mahasiswa dapat leluasa untuk beribadah dengan tenang, serta dapat berlatih qira’ah dengan leluasa.

Selain mengedepankan gedung praktik qira’ah tersebut, nyatanya kampus IAIN ini pun memiliki fasilitas pendidikan yang lengkap. Fasilitas tersebut meliputi gedung kuliah, pepustakaan, laboratorium, gedung olahraga, dan ruang publik. Setiap fasilitas tersebut dibuat senyaman mungkin, untuk menampung mahasiswa IAIN.

Dengan sarana dan prasarana yang lengkap tersebut, dapat membantu para mahasiswa untuk fokus belajar dan menguasai pembelajaran. Bahkan seluruh fasilitas yang diberikan oleh kampus ini pun dapat digunakan semaksimal mungkin, untuk meningkatkan pengetahuan maupun kemampuan mahasiswa.

Banyak Program Menarik, Mahasiswa Dapat Go Internasional

Ada banyak program yang diselenggarakan di di kampus islam pertama di Pontianak ini, salah satunya adalah kegiatan Workshop English Translation. Dengan workshop tersebut mahasiswa akan diajarkan secara teori maupun praktek, untuk menerjemahkan bahasa Inggris dengan benar dan baik.

Pelatihan yang dilakukan oleh Pusat Pengembangan Bahasa IAIN Pontianak ini memiliki beberapa program diantaranya translation, penerima abstrak, serta pelatihan bahasa Inggris dan Arab. Bahkan pada workshop tersebut dilengkapi dengan mendatangkan lulusan luar negeri, sehingga pelatihan bahasa asing pun dapat lebih mudah.

Dengan adanya kegiatan positif ini, memberi kesempatan beberapa mahasiswa untuk mengembangkan serta menambah wawasan menganai English translation. Bahkan dengan program ini pun dapat meningkatkan kemungkinan mahasiswa, untuk belajar di luar negeri baik untuk mencari beasiswa ke luar negeri maupun dalam bentuk pertukaran pelajar.

pickupimage.com

Fakultas  dan Jurusan yang ada di Kampus IAIN

Iain menyediakan setidaknya 4 fakultas, dan 1 program pascasarjana. Fakultas yang ada di kampus ini meliputi fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, fakultas ekonomi dan bisnis islam, fakultas ushuluddin adab dan dakwah, serta fakultas syariah. Fakultas tersebut masing masing memiliki pengajar profesional, yang memberikan pembelajaran yang nyaman dan mudah untuk dipahami.

Pada Fakultas Tarbiyah dan ilmu Pendidikan terdapat 4 Jurusan yang dapat anda pilih diantaranya adalah pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, serta pendidikan Islam Anak Usia Dini. Pengajaran setiap fakultasnya sesuai dengan misinya yaitu mengembangkan keilmuan dalam bidang pendidikan, keagamaan dan kebudayaan borneo yang kreatif dan inovatif.

Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam pada IAIN Pontianak terdapat setidaknya 6 jurusan yang terdiri dari Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga, Ekonomi Syariah, Akuntansi Syariah, serta Manajemen Bisnis Syariah.  Pada fakultas ini mahasiswa dapat belajar mengenai jual beli perumahan pontianak terbaru dengan standar syariah.

Pada Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, terdapat 6 program studi diantaranya adalah komunikasi penyiaran Islam, bimbingan konseling Islam, Manajemen Dakwah, Psikologi Islam, Ilmu Al Qur’an an tafsir, serta studi Agama – Agama. Pada fakultas ini, mahasiswa akan dibimbing untuk mengembangkan ilmu ushuluddin, adab, dakwah, serta kebudayaan Borneo yang berbasis kajian dan riset untuk kepentingan masyarakat dan akademik.

Pada program Pascasarjana, IAIN Pontianak memiliki misi untuk mencetak mukmim Ulul Albab yang unggul dalam bidang keilmuan, pengembangan dan pengamalan ilmu agama Islam, serta kearifan Islami. Program Pascasarjana pun akan belajar dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, untuk kepentingan riset dan meningkatkan kualitas lulusan.

Melihat banyaknya lembaga pendidikan di Indonesia khususnya di Pontianak, tentu terkadang kita bingung memiliki lembaga terbaik yang mampu meningkatkan kemampuan kita. IAIN adalah pilihan yang tepat bagi anda yang ingin lulus dengan kemampuan terbaik, serta menyempurnakan akhlak yang ada. Bahkan melihat program program yan ada, IAIN dapat menjadi lembaga yang mampu mendorong anda menuju impian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *