Para pengguna smartphone tentu sudah mengenal aplikasi berbagi foto dan video bernama Instagram. Aplikasi yang dibuat oleh duo programmer cerdas, Kevin Systrom dan Mike Krieger, ini pertama kali rilis pada 2010. Hingga Juli 2019, berdasarkan laporan terbaru dari We Are Social dan Hootsuite, pengguna Instagram sudah mencapai angka 800an juta yang terdiri dari beragam usia.

Bagaimana tidak, sejak diambil alih oleh Facebook, Instagram menjadi aplikasi yang seolah tidak bisa lepas dari manusia. Berbagai macam pembaruan dibuat demi memanjakan para penggunanya. Bahkan, alih-alih untuk ajang eksistensi diri semata, Instagram kini menjelma menjadi platform yang dibutuhkan. Artinya, Instagram bisa digunakan untuk mencari inspirasi, menghasilkan uang, hingga promosi bisnis.

Berbagai fitur-fitur terbaik Instagram terus dimunculkan pada setiap pembaruannya. Hal ini tentu saja membuat para penggunanya semakin ‘menggilai’ segala apa yang ada di Instagram. Bukan hanya memperbarui fitur-fiturnya, Instagram juga membuang fitur-fitur yang tidak penting dan menambahkan fitur keamanan.

pexels.com

Fitur yang Ada di Instagram

Dengan begitu, bukan sesuatu yang tidak mungkin jika Instagram semakin menjadi media sosial yang populer beberapa tahun ini. Instagram seakan paham betul apa yang diinginkan dan disukai para penggunanya melalui fitur-fitur yang dikeluarkannya. Nah, berikut ini kami akan menginformasikan beberapa fitur-fitur terbaik Instagram yang mungkin belum diketahui oleh sebagian orang.

  1. Mengatur urutan filter dan menyembunyikan yang jarang dipakai

Selain bisa mengubah-ubah kekuatan filter, Anda juga bisa mengatur urutan filter tertentu yang Anda sering dan jarang gunakan. Caranya dengan menarik layar ke kanan hingga menemukan tombol manage. Kemudian, Anda tinggal urutkan, filter mana yang sering dipakai sampai yang tidak sering dipakai. Sedangkan, untuk filter yang tidak menarik dan tidak pernah digunakan bisa disembunyikan.

  1. Mendapatkan notifikasi langsung dari akun tertentu

Hampir setiap orang pasti punya target akun yang ingin selalu dilihat update terbarunya. Agar tidak ketinggalan postingan terbarunya, Anda bisa memanfaatkan fitur notifikasi khusus dari akun pilihan Anda. Caranya adalah dengan membuka profil akun yang diinginkan, kemudian klik tanda titik tiga pada pojok kanan atas. Setelah muncul beberapa pilihan, klik ‘Turn on Post Notification’.

  1. Menyimpan foto atau video pada akun lain

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah bookmark yang biasa digunakan untuk menandai situs favorit atau yang biasa sering dikunjungi. Nah, Instagram juga punya fitur ini lho! Setiap foto dan video pada feed, serta IG TV bisa Anda simpan dan lihat kembali dengan mudah. Caranya hanya dengan menekan tombol pita dibagian kanan bawah feed akun seseorang. Feed otomatis akan tersimpan.

pexels.com
  1. Instastory

Fitur yang satu ini sangat disukai banyak pengguna Instagram. Sebab, Anda bisa melakukan posting dan akan hilang dengan sendirinya setelah 24 jam. Anda bisa melakukan banyak posting dalam satu hari, tanpa harus merusak feed yang sudah Anda atur sedemikian rupa. Menurut penelitian, fitur ini bahkan paling banyak digunakan dibandingkan postingan feed.

  1. Membuat Instastory menjadi privat dan tidak terlihat

Jika tidak ingin Instastory Anda dilihat oleh folloer yang tidak disukai, Anda bisa membuat story menjadi privat. Caranya, dengan memilih ‘Story Control’ pada menu ‘Settings’, lalu pilih ‘Hide Story From’. Setelah itu, Anda bisa langsung memilih follower yang diinginkan agar tidak bisa melihat story milik Anda.

Sebaliknya, jika sungkan melakukan unfollow pada orang yang sudah terlanjur Anda follow, Anda juga bisa mengaktifkan fitur ‘Mute’ pada Instastory following Anda yang tidak ingin Anda lihat. Caranya, pilih titik tiga di pojok kanan atas profilnya, kemudian pilih ‘Mute’ dan pilih ‘Mute Story’ atau jika tidak ingin juga melihat postingannya, pilih ‘Mute Post’.

  1. IG TV

IG TV atau Instagram Tv adalah fitur yang baru-baru ini muncul di Instagram. IG TV banyak digunakan kini, karena video yang bisa diunggah pada feed hanya terbatas 1 menit. Sedangkan, pada IG TV bisa lebih dari semenit.

  1. Mode gelap

Bagi pengguna Instagram yang bermasalah terhadap cahaya dari gadget, bisa menggunakan fitur dark mode yang baru-baru ini dimiliki Instagram, tepatnya pada Oktober 2019. Sayangnya, mode ini belum hadir untuk seluruh pengguna. Hanya pengguna dengan iOS 13 dan Android 10 sajalah yang sudah bisa merasakan sensasi berselancar di Instagram dalam gelap.

Selain dari fitur-fitur di atas, masih ada beberapa hal yang bisa dilakukan pada Instagram. Salah satunya men-download foto dan video yang ada pada Instagram. Cara download video Instagram adalah dengan menggunakan aplikasi ketiga atau di luar fitur Instagram. Para pengguna dapat men-download aplikasi download video atau foto Instagram ini di Play Store untuk Android atau App Store untuk iPhone.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *