Bagaimana cara meningkatkan perekonomian negara? Pertanyaan seperti itu seringkali didengar. Perlu diketahui jika cara mudah meningkatkan perekonomian adalah melalui usaha kecil menengah atau UKM. Keberadaan UKM juga akan mengurangi angka pengangguran serta membuat masyarakat lebih mandiri.

Peran UKM sangat kompleks dalam kehidupan masyarakat sehingga mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Perhatian tersebut dalam bentuk kemudahan dalam mendapatkan pinjaman modal serta pajak yang ringan. Hal ini dilakukan untuk mendorong masyarakat mau mengembangkan UKM dalam berbagai bidang.

Perlu diketahui jika UKM tidak bisa dianggap remeh karena dalam praktiknya sangat menjanjikan dan menguntungkan. Ada banyak contoh UKM yang bisa dipilih masyarakat untuk mendapatkan pendapatan. Apa saja contoh tersebut? simak uraian di bawah ini.

4 Poin yang Harus Diperhatikan Sebelum Menekuni UKM

 

  1. Ide

Ide menjadi satu hal yang sangat penting sebelum membuka usaha. Mau usaha skala kecil ataupun besar. Tanpa adanya hal ini tentunya akan kebingungan karena tidak tahu apa yang harus dilakukan. Apabila ingin menekuni UKM sebaiknya mencari ide bisnis yang menarik dan menguntungkan meski modalnya kecil. Sesuaikan juga dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

  1. Perencanaan yang Matang

Keberhasilan suatu bisnis juga akan ditentukan melalui perencanaan yang matang. Perencanaan tersebut seperti tujuan yang ingin diraih serta bagaimana cara mendapatkannya. tujuannya supaya bisa mengantisipasi jika terjadi kerugian besar serta memperoleh keuntungan besar dalam waktu singkat.

  1. Melakukan Riset Pasar

Setelah memiliki ide bisnis serta perencanaan yang matang, poin selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Tujuannya adalah untuk mengetahui target pasar, saingan maupun selera masyarakat. Data yang diperoleh nantinya akan digunakan untuk membuat inovasi-inovasi baru dalam produk Anda.

  1. Memperhitungkan Biaya

Namanya juga bisnis tentunya harus memperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan. Poin ini juga sangat penting untuk membuat daftar prioritas. Jangan sampa membeli sesuatu yang tidak penting. Prioritas tersebut seperti penganggaran untuk produksi, pemasaran, sewa tempat dan pengeluaran tidak terduga.

7 Contoh UKM yang Menjanjikan dan Menguntungkan di Indonesia  

  1. Bidang Kuliner

Contoh UKM yang pertama adalah kuliner. Bisa dibilang jenis usaha ini sangat menguntungkan dan akan tetap laku. Hal ini karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Kesuksesan usaha di bidang kuliner sangat dipengaruhi oleh rasa dari makanan, pelayanan maupun strategi pemasaran yang digunakan. Oleh karena itu, hal tersebut penting untuk diperhatikan.

  1. Bidang Teknologi Internet

Ada banyak kesempatan usaha yang menguntungkan jika memanfaatkan kemajuan internet. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menciptakan startup. Bisnis startup di Indonesia yang sangat populer adalah Gojek, Bukalapak, komik digital Si Juki dan sebagainya.

  1. Bidang Fashion

Contoh UKM yang menjanjikan selanjutnya adalah bidang fashion. Sama halnya dengan kuliner, bisnis fashion juga sangat menjanjikan karena akan terus dicari orang. Maka dari itu ada banyak peluang usaha yang bisa dimanfaatkan, salah satunya dengan menjadi reseller.

  1. UKM Kreatif

Tidak bisa di pungkiri jika kreativitas bisa menjadi komoditas yang sangat menguntungkan. Kreativitas yang dimiliki manusia tidak pernah ada habisnya. Salah satu contohnya dengan memanfaatkan sampah plastik menjadi sesuatu produk yang memiliki nilai jual tinggi, seperti dompet dan tas. Atau bisa juga memanfaatkan kulit jagung menjadi berbagai produk kerajinan tangan seperti tas, bunga, dan boneka.

  1. Pendidikan

UKM di sektor pendidikan tidak kalah menjanjikan dan menguntungkan jika dibandingkan dengan lainnya. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya orang tua yang menambah jam belajar dengan mendaftarkan anaknya ke bimbingan belajar atau les private. Jadi bukan rahasia lagi jika saat ini banyak bimbingan belajar yang terus bermunculan.

  1. Tour dan Travel

Wisata merupakan salah satu kebutuhan dasar dari manusia. Seiring berjalannya waktu ada banyak tempat wisata baru yang menarik untuk dikunjungi. Hal ini juga didukung oleh promosi pariwisata yang dilakukan oleh pemerintah. Realita ini kemudian menciptakan peluang usaha untuk membuka jasa tour dan travel.

  1. Agribisnis

Peluang usaha agribisnis sangat terbuka lebar. Namun peminatnya masih belum terlalu banyak. Padahal keuntungan yang akan diperoleh sangat menguntungkan. Contoh usaha agribisnis adalah menjual sayur organik, bibit tanaman unggul, budidaya tanaman rempah, ternak ayam, ternak ayam petelur, ternak sapi, ternak kambing dan sebagainya.

Itulah 7 contoh UKM yang menjanjikan dan menguntungkan. Selain 7 contoh di atas juga ada bisnis UKM yang menjanjikan, yaitu berjualan paket data. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya orang yang menggunakan Smartphone Supaya bisnis bisa berjalan dengan lancar sebaiknya memilih agen pulsa murah. Memilih agen pulsa murah yang tepat akan mendapatkan banyak keuntungan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *