Cacing merupakan  hewan yang memiliki bentuk cukup kecil. Meskipun termasuk hewan yang bsia dilihat dengan mata biasa, namun sering kali kehadirannya dan infeksinya di dalam tubuh sering tidak disadari. Ukurannya yang kecil dan juga kemungkinan infeksinya yang cukup besar membuat infeksi pada tubuh manusia menjadi mungkin terjadi dalam jumlah yang cukup besar. Infeksi pada tubuh manusia memang membuat tubuh manusia menjadi terganggu. Infeksi yang masuk biasanya akan berada dalam bentuk telur. Telur cacing akan masuk ke dalam tubuh manusia kemudian berkembang biak di dalam tubuh manusia untuk kemudian menginfeksi saluran pencernaan.

Konsumsi makanan yang tidak bersih menjadi salah satu penyebab utama dari infeksi telur cacing yang kemudian bisa berkembang biak menjadi cacing. Cacing yang masuk dalam bentuk telur tersebut memang tidak terlihat. Masuknya telur cacing biasanya melalui makanan ataupun melalui beberapa media lainnya. Kemudian tidak sengaja masuk ke dalam media berupa makanan yang kemudian masuk ke dalam tubuh manusia. Masuknya telur cacing tersebut ke dalam tubuh manusia melalui makanan yang memang masuk dalam keadaan tidak bersih kemudian telur akan masuk ke saluran pencernaan manusia. Masuknya telur cacing ke saluran pencernaan menjadi awal terinfeksinya tubuh dengan cacing. Kemudian cacing mulai berkembang di dalam pencernaan dengan mengkonsumsi makanan yang dikonsumsi oleh manusia.

Infeksi cacing itulah yang menyebabkan tubuh manusia menjadi lebih kurus serta lebih tidak nafsu makan.  Keberadaan cacing pada saluran pencernaan memang membuat kondisi tubuh menjadi kurang sehat dan juga kurang bisa beraktivitas seperti biasa. Tubuh yang terinfeksi menjadi kurang bersemangat untuk melakukan aktivitas seperti sedia kala. Itulah sebabnya mengapa cacing yang menginfeksi tubuh akan membuat tubuh menjadi rentan terkena penyakit karena daya tahan tubuhnya menurun drastis akibat nutrisi dari makanan tidak dapat terserap secara sempurna oleh tubuh karena diinfeksi oleh cacing. Telur cacing tersebut akan berkembang biak di dalam tubuh manusia untuk kemudian menjadi parasit di dalam tubuh dan sistem pencernaan tubuh manusia dan mengganggu kesehatan tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *