Momen liburan memang sangat dinantikan oleh sebagian orang, dimana kamu bisa mengisi liburan dengan berjalan santai hingga melakukan perjalanan jauh. Ketika anda melewati Purworejo, ada baiknya mencoba aneka kuliner khas yang ada, mulai dari cemilan hingga makanan tradisionalnya. Kamu bisa mencicipi aneka kuliner unggulan yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Berikut beberapa kuliner unik dari kabupaten Purworejo.

Kulik Beberapa Kuliner Khas Purworejo

  1. Kupat Tahu Kuliner Tradisional Khas Purworejo

Jika kamu ingin berburu makanan tradisional khas daerah Purworejo, bisa mencoba kupat tahunya. Kuliner satu ini terbuat dari ketupat dan tahu yang digoreng, kemudian diberikan bumbu kacang. Tapi ada juga yang mengganti ketupat dengan lontong, sebab rasanya uyang hampir sama. Kupat ini sekilas memang mirip dengan ketoprak, namun berbeda pada kuah yang digunakan. Untuk membelinya cukup mudah, lantaran di berbagai warung  dan pasar tradisional masih menjajakannya.

  1. Bebek Kosek dengan Sambal Penggugah Selera

Jika biasanya kamu memakan daging bebek yang alot, maka cobalah kuliner bebek kosek. Kuliner satu ini banyak peminatnya karena sambel yang disajikan dapat menggoyang lidah. Campuran sambalnya dirasa menyatu dengan daging bebek yang dibuat gurih. Pada awal mencobanya saja, kamu sudah bisa merasakan sensasi sambal dengan kadar pedas pas dan ditambah dengan daging bebek yang empuk, menjadikan cita rasa yang tidak akan dilupakan.

  1. Sate Winong Khas Purworejo

Kuliner sate memang bisa ditemuka di berbagai daerah lainnya selain di kabupaten Purworejo, namun Sate Winong memiliki cita rasa yag lezat daripada sate yang lain. Keistimewaan sate satu ini,  terletak pada penggunaan kecap asli yang dibuat oleh empunya warung. Selain itu, sate Winong disajikan dengan daun jeruk yang sebelumnya diiris tipis tipis hingga berbentuk seperti helaian rumput dan ditambah dengan bawang merah yanhg dipotong ukuran besar.

Purworejo, merupakan kota yang berada di wilayah propinsi Jawa Tengah, dimana daerah ini dikenal memiliki beragam keunikan dan kelezatan kuliner yang tidak boleh dilewatkan. Tidak mengherankan jika beberapa kuliner mempunyai keunggulannya tersendiri. Selain kuliner makanan berat, kamu juga bisa mencicipi cemilan khas dari daerah tersebut. berlibur sambil menikmati kuliner lezat memang tidak bisa tergantikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *