Bunga kenanga merupakan salah satu bunga dengan wangi semerbak. Meski banyak mitos terkait bunga satu ini, manfaat yang bisa diambil sangatlah banyak khususnya bagi tubuh. Bunga ini umumnya digunakan sebagai bahan campuran produk kecantikan atau dijadikan minyak. Agar bunga ini tak dihindari dan dapat dimaksimalkan dengan baik, mari simak ulasan di bawah ini.

Manfaat Bunga Kenanga Untuk Tubuh

Tanaman bunga kenanga mampu tumbuh dengan cepat. Bahkan, ketinggiannya bisa mencapai 12 meter. Banyak mitos yang beredar terkait dengan bunga berwarna putih ini, namun banyak juga yang menyukainya karena manfaat yang dibawanya. Ada beberapa kandungan alami pada bunga ini, misalnya asam benzoate, eugenol, kadinen, linalool, pinen dan sadrol. Selain itu, bunga kenanga juga dikenal sebagai penghasil minyak astsiri. Untuk lebih lengkapnya mari simak ulasan berikut ini.

  1. Aromaterapi

Bunga kenanga terkenal dengan wanginya yang semerbak. Kandungan minyak atsiri yang ada di dalam bunga kenanga ini dapat digunakan sebagai bahan pembuat parfum. Selain itu, kandungannya pun dipercaya dapat menenangkan syaraf.

  1. Mencegah Bau Badan

Dengan baunya yang wangi, bunga kenanga dapat digunakan untuk mencegah timbulnya bau badan. Ramuan bunga kenanga bisa dibuat sendiri dengan mudah. Cara membuatnya adalah dengan merebus segelas bunga kenanga dalam air dan gula. Tunggu hingga tersisa setengah gelas. Setelah dingin, saring dan minum. Lakukan cara ini secara rutin agar khasiatnya terasa.

  1. Melembabkan Kulit

Ekstrak bunga kenanya memiliki senyawa yang mampu melembabkan kulit dengan baik. Oleh karena itu, tak heran jika bunga kenanga kerap digunakan sebagai bahan campuran sabun dan produk perawaran lainnya. Anda bisa mencampurkan air untuk mandi dengan bunga kenanga. Selain terasa wangi dan menyegarkan, kulit Anda pun menjadi lembab.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari bunga kenanga. Tentu masih banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh dengan penggunaan yang rutin. Jangan pernah menyerah jika belum banyak mencoba dan konsisten dalam menggunakan. Selain itu, perhatikan pula kelestarian alam saat memanennya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *