Badan Intelijen Negara memiliki tugas dan fungsi yang penting untuk menjaga keutuhan sebuah negara. Mereka bisa mendeteksi sedini mungkin segala ancaman yang berasal dari dalam dan luar. Tujuan utamanya tentu saja untuk melindungi negara dan penduduknya dengan maksimal. Di AS sendiri, CIA merupakan Badan Intelijen Negara yang paling populer. Simak di bawah ini fakta-faktanya.

Badan Intelijen Negara Termasyhur di Amerika Serikat

CIA (Central Intelligency Agency) adalah salah satu biro agen AS yang didirikan pada tahun 1947. Fungsi utama dari CIA ini adalah untuk menganalisis informasi mengenai orang asing, melakukan propaganda dan menggelar operasi rahasia untuk melindungi Presiden.

Alasan utama didirikan badan intelijen ini adalah untuk menyaingi agen Uni Soviet. Jika Anda belum tahu, Uni Soviet pada saat itu juga memiliki biro agen yang tidak kalah kuat yaitu KGB (Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti). Para agen CIA dilatih untuk membunuh, menyamar hingga melakukan interogasi kepada pihak yang mencurigakan.

Demikianlah ulasan singkat tentang CIA, Badan Intelijen Negara termasyhur di Amerika Serikat. Tidak banyak informasi yang bisa dikorek dari agensi ini karena memang sifatnya yang sangat rahasia. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah khazanah keilmuan kita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *